Pengaruh kepribadian, relasi sosial dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha : studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019

Islami, Laily Tasya (2023) Pengaruh kepribadian, relasi sosial dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha : studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026052_Laily_Tasya_Islami] Text (Skripsi_1905026052_Laily_Tasya_Islami)
Skripsi_1905026052_Laily_Tasya_Islami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Minat berwirausaha masih menjadi perhatian khusus oleh pemerintah pasalnya tingkat pengangguran hampir 14% didominasi oleh lulusan diploma dan sarjana. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM mayoritas mahasiswa bergantung pada lowongan pekerjaan dibandingkan menciptakan lapangan kerja, maka dari itu pemerintah mempunyai target 4% dari total penduduk Indonesia adalah berwirausaha. Salah satu caranya yaitu melalui peran lembaga pendidikan seperti universitas untuk membantu menumbuhkan jiwa berwirausaha mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019, apakah ada pengaruh relasi sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019 dan apakah ada pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019. Sampel penelitian ini sebesar 100 mahasiswa yang sudah memenuhi kriteria yang ditentukan peneliti, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling artinya tidak semua orang dapat dijadikan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling artinya dalam pengambilan sampel ada kriteria yang harus dipenuhi oleh responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah regresi linear berganda serta olah data menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Kepribadian mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019. (2) Relasi sosial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019. (3) Pendidikan Kewirausahaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian; Relasi Sosial; Pendidikan Kewirausahaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 25 Jul 2023 10:44
Last Modified: 25 Jul 2023 10:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20135

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics