Konsep hafiz dalam Al-Qur’an : studi tafsir tematik:

Adnan, Yusril (2022) Konsep hafiz dalam Al-Qur’an : studi tafsir tematik:. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026152_Yusril_Adnan] Text (Skripsi_1804026152_Yusril_Adnan)
Skripsi_1804026152_Yusril_Adnan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada umumnya kata ha>fiz} di masyarakat seringkali dimaknai hanya sebatas penghafal al qur’an. Padahal jika kita tinjau dalam al-qur’an akan banyak ditemukan pemahaman lainnya yang lebih luas mengenai kata ha>fiz}. Adanya fenomena pemahaman kata ha>fiz} yang hanya sebatas pengahafal al-Qur’an tentunya hal ini menarik untuk dikaji secara mendalam agar tidak menjadikan pemahaman yang terbatas dengan penghafal al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan kajian terhadap konsep ha>fiz} yang terdapat dalam al-Qur’an. Sehingga ditentukan tiga fokus pada penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana term ha>fiz} diungkapakan dalam al-Qur’an. Kedua, bagaimana konsep ha>fiz} dalam al-Qur’an. Ketiga, apa jenis-jenis ha>fiz} yang diungkapkan dalam al-Qur’an. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif (library research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti pola tafsir tematik yang dirumuskan oleh al-Farmawi dalam buku Metode Tafsir.Maudhu’i. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode Deskriptif Analisis.
Maka diperolehlah hasil dari penelitian ini berupa kata ha>fiz} yang diungkapkan dengan term langsung dengan term ‘affa, sedangkan yang diungkapkan secara tidak langsung dengan term taqwa, raqaba, al-Has}una, ‘asima, al-Amin, naha> dan ad}-Dikra>, secara konsep ha>fiz} merupakan perbuatan manusia untuk menjaga dan memelihara syariat-syariat agama sesui dengan tuntunan al-Qur’an agar terhindar dari perilaku tercela dan dosa, Jenisi-jenis ha>fiz} yang diungkapkan dalam al-Qur’an berupa menjaga shalat (ha>fiz} as}-Salah), menjaga kehormatan (ha>fiz} al-Furu>j), menjaga amanah (ha>fiz} al-Amanah), menjaga amal baik, (ha>fiz al-‘Amal) menjaga diri dari bisiskan setan (ha>fiz as-Syait}an), menjaga al-Qur’an (ha>fiz} al-Qur’an).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafsir tematik; ha>fiz; al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 25 Jul 2023 10:42
Last Modified: 25 Jul 2023 10:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20136

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics