Teknik komunikasi persuasif Ustazah Haneen Akira dalam menyampaikan dakwah pada kanal YouTube

Pramesti, Kintan Ayuning (2023) Teknik komunikasi persuasif Ustazah Haneen Akira dalam menyampaikan dakwah pada kanal YouTube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026125_Kintan_Ayuning_Pramesti] Text (Skripsi_1901026125_Kintan_Ayuning_Pramesti)
Skripsi_1901026125_Kintan_Ayuning_Pramesti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sebuah dakwah membutuhkan teknik penyampaian pesan tepatnya teknik komunikasi persuasif. Teknik komunikasi persuasif adalah upaya dalam mengubah sikap pada seseorang dengan menyusun pendapat, pikiran, ide melalui pesan komunikasi. Begitu juga dengan teknik komunkasi persuasif yang dilakukan Ustazah Haneen Akira dalam menyampaikan dakwah pada kanal YouTube nya.
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif yang dilakukan Ustazah Haneen di dalam kanal YouTube. Untuk menganalisis permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan yaitu mencari data yang berkaitan dengan penyampaian dakwah yang terdapat teknik komunikasi persuasif dari dokumen video Ustazah Haneen Akira. Penelitian ini mengambil dua video dengan engagement (likes dan viewers) yang paling tinggi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik komunikasi persuasif yang dilakukan Ustazah Haneen Akira dalam menyampaikan dakwah pada kanal YouTube mampu menghubungkan dakwah dengan realita sosial (teknik asosiasi) yang dikemas dengan kalimat-kalimat yang indah dan menarik (teknik tataan), diperkuat dengan pengalaman pribadi (teknik integrasi), dan didukung dengan adanya rewards (teknik ganjaran) tapi tidak dapat mengelakkan argumentasi yang lemah dan tidak menggambarkan adanya sebuah perdebatan (teknik red-herring). Padahal jika menggunakan kelima teknik komunikasi persuasif tersebut dalam dakwah membuat narasi dakwah lebih dinamis dan tidak monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik; Komunikasi Persuasif; Dakwah; YouTube; Ustazah Haneen Akira
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 29 Jul 2023 06:16
Last Modified: 29 Jul 2023 06:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20163

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics