Proses produksi konten dakwah di Channel YouTube Tarbiyatul Banin

Luthfiyah, Harirotul (2023) Proses produksi konten dakwah di Channel YouTube Tarbiyatul Banin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026044_Harorotul_Luthfiyah] Text (Skripsi_1901026044_Harorotul_Luthfiyah)
Skripsi_1901026044_Harirotul_Luthfiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Melihat fenomena perkembangan Youtube yang bukan hanya sekedar konten informatif umum akan tetapi banyak yang menyebarkan konten dakwah seperti halnya Youtube Tarbiyatul Banin. Youtube Tarbiyatul Banin ini merupakan salah satu media dakwah yang digunakan untuk menyebarkan konten-konten dakwah yang berkaitan dengan tema yang di usung. Tentu tema ini diangkat sesuai dengan program yang di usung yakni Tarbiyatul Banin Sowan. Program ini akan memberikan pengetahuan tentang momentum-momentum Islam yang di dalamnya berkaitan dengan meluruskan pemahaman ajaran dan perbedaan pendapat yang ada. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengetahui proses produksi konten dakwah di channel Youtube Tarbiyatul Banin. Skripsi ini menggunakan penelitian jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara. Sementara untuk teknik analisa penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga alur yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara yang dilakukan penulis dalam proses produksi konten dakwah di channel Youtube Tarbiyatul Banin dalam program “Tarbiyatul Banin Sowan”. Penelitian ini juga akan bersifat bahwa informasi akan sesuai dengan keadaan sebenarnya dan sebagaimana adanya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses produksi konten dakwah di channel Youtube Tarbiyatul Banin dengan menggunakan teori Gill Branston dan Roy Staford melalui tiga tahapan yang saling berkaitan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pada tahap pra produksi tim melakukan serangkaian proses mulai dari penentuan tema, menyiapkan bahan produksi, pemilihan narasumber, melalukan pra riset, perjanjian dan penetapan lokasi syuting, merinci anggaran biaya produksi, menyiapkan peralatan produksi, dan melakukan briefing untuk keberlangsungan di tahap selanjutnya yaitu produksi. Sedangkan untuk tahap produksi ini tim produksi Tarbiyatul Banin akan mengerjakan tugas secara teknis untuk pengambilan gambar yang sesuai dengan konsep yang telah disepakati. Selanjutnya untuk tahap akhir yaitu pasca produksi tim produksi Tarbiyatul Banin akan melaksanakan evaluasi, editing, pemasaran/uji peninjauan, finishing, desain thumbnail, dan description box.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Proses Produksi; Konten YouTube; Tabiyatul Banin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:08
Last Modified: 29 Jul 2023 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics