Pengembangan media pop-up book materi perubahan wujud benda untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V MI Syafiiyah Kembangarum tahun pelajaran 2021/2022

Sufiharti, Sri (2023) Pengembangan media pop-up book materi perubahan wujud benda untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V MI Syafiiyah Kembangarum tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096037_Sri Sufiharti_Full] Text (Skripsi_1803096037_Sri Sufiharti_Full)
1803096037_Sri Sufiharti_Full Skripsi - Tri Sasyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media IPA Berupa Pop-Up Book Kelas V MI Syafiiyah Kembangarum. Pop-Up Book adalah media berbentuk buku timbul 3 dimensi yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam menyiapkan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran terutama pada materi perubahan wujud benda. Perubahan wujud benda merupakan kajian dalam mata pelajaran IPA yang harus dikuasai. Penguasaan pemahaman konsep terhadap materi tesebut sangatlah penting, agar siswa dapat menguasai kompetensi dasar serta katerkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas serta peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V MI Syafiiyah Kembangarum setelah menggunakan media pop-up book. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang peneliti gunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil data analisis melalui cara analisis tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba menggunakan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan pemahaman konsep dapat di diukur dari uji pre-test dan post- test dengan nilai pre-test rata-rata 61.31 % dan nilai post-test rata-rata 88.73% serta diperoleh skor-N-Gainnya adalah 0,6717, sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil data tersebut peningkatan pemahaman siswa berada dalam kriteria sedang. Sedangkan hasil N-Gain persen diperoleh nilai 67.1685, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan wujud benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pop up book; Pemahaman konsep; Perubahan wujud benda
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:55
Last Modified: 28 Jul 2023 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics