Analisis pesan sedekah dalam web series "Atap Padang Mashyar" pada Chanel YouTube Aksi Cepat Tanggap

Hasani, Aldi (2023) Analisis pesan sedekah dalam web series "Atap Padang Mashyar" pada Chanel YouTube Aksi Cepat Tanggap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026009_Aldi_Hasani] Text (Skripsi_1901026009_Aldi_Hasani)
Skripsi_1901026009_Aldi_Hasani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada zaman sekarang banyak orang Islam yang turun ke jalan untuk meminta sedekah atau sumbangan baik untuk pembangunan masjid, pembangunan pondok pesantren, ataupun pembangunan gedung dakwah, bahkan acapkali dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindak penipuan. Peminta sumbangan atau sedekah ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara mulai dari turun ke lampu merah di jalan raya, menjual kalender ke rumah warga yang pada akhirnya jika tidak dibeli dimintai sedekah, bahkan ada pula yang mengaku utusan dari pondok pesantren dan instansi resmi.Melihat fenomena tersebut maka penelitian ini akan menjawabbagaimana penerapan pesan sedekah dalam Web Series “Atap Padang Mahsyar” pada channel youtube ACT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan pesan sedekah yang terdapat dalam Web Series “Atap Padang Mahsyar” dalam Channel Youtube ACT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori analisis isi Klaus Kippendorf sebagai metode penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi berasal dari Web Series “Atap Padang Mahsyar” pada channel youtube ACT episode 1-7 berbentuk screen shoot pada adegan dan dialog yang menerapkan pesan sedekah dalam web series tersebut.
Pesan sedekah dalam web series “Atap Padang Mahsyar” diterapkan dalam bentuk pengetahuan, nasihat, dan ajakan kepada para penonton untuk bersedekah baik materi, non materi maupun sedekah jariyah. Penerapan jenis sedekahnya dilakukan dengan cara mencantumkan pesan sedekah baik verbal maupun non verbal dalam setiap adegan dan dialog. Selain itu pesan sedekah juga diterapkan melalui kritik sosial terhadap proses pemungutan sedekah yang ada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Sedekah; Web Series; Youtube;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:17
Last Modified: 29 Jul 2023 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics