Pengaruh produk, lokasi dan promosi terhadap minat umkm untuk menggunakan pembiayaan pada perbankan syariah (studi kasus UMKM Kecamatan Brangsong Kendal)

Mudawamah, Anita (2022) Pengaruh produk, lokasi dan promosi terhadap minat umkm untuk menggunakan pembiayaan pada perbankan syariah (studi kasus UMKM Kecamatan Brangsong Kendal). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ANITA_MUDAWAMAH] Text (SKRIPSI_ANITA_MUDAWAMAH)
1705036156_Anita Mudawamah_Full Skripsi - Anita mudawamah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia sangat pesat, dengan perkembangan jumlah pembiayaan yang diberikan kepada pengusaha UMKM sebagai salah satu target pembiayaan. Namun seiring dengan perkembangan keduanya pembiayaan UMKM bank syariah belum mencapai angka yang ditargetkan meskipun setiap tahunnya jumlah pembiayaan mengalami peningkatan. Apakah kurangnya promosi dari pihak terkait atau ada penyebab lainnya.
Tujuan dilakukan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, lokasi, dan promosi terhadap minat UMKM untuk menggunakan pembiayaan pada perbankan syariah, dengan studi kasus UMKM Kecamatan Brangsong Kendal. Penelitian ini menggunakan 3 variabel independen yaitu produk, lokasi dan promosi. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 responden dengan menggunakan simple random sampling. Metode analisis menggunakan metode kuantitatif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini ialah produk memiliki pengaruh terhadap minat dengan taraf signifikan 0,000 lokasi tidak berpengaruh terhadap minat dengan signifikan 0,080 dan promosi berpengaruh terhadap minat dengan taraf signifikan 0,025. Dan dari uji (R2) produk lokasi dan promosi berpengaruh sebesar 0,199 setara 19,9%.
Keterbatasan dari variabel independen yang digunakan yaitu produk, lokasi, dan promosi masih belum dapat menjelaskan keseluruhan dari penelitian ini karena masih ada penjelasan sebesar 80,1 % yang dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk; Lokasi; Promosi; minat UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:13
Last Modified: 29 Jul 2023 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20213

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics