Pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menyimak cerita siswa kelas III SD Al Mardliyah Kaliwungu Kendal

Wulandari, Sofya (2022) Pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menyimak cerita siswa kelas III SD Al Mardliyah Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096003_Sofya_Wulandari_Lengkap] Text (Skripsi_1903096003_Sofya_Wulandari_Lengkap)
1903096003_Sofya_Wulandari_Lengkap_Tigas_Akhir - Sofya Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menyimak cerita masih rendah, karena pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa lebih tertarik untuk mengobrol dengan teman sebangkunya dikarenakan guru melakukkan proses pembelajaran yang monoton yang mengakibatkan siswa kurang antusias dan tidak fokus dalam menyimak. Sehingga hal ini dapat menyebabkan pembelajaran bahasa indonesia menjadi tidak menyenangkan dan siswa kurang berperan aktif saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adakah pengaruh metode Snowball Throwing terhadap kemampuan menyimak cerita siswa di kelas III SD Al Mardliyah Kaliwungu Kendal. Jenis penelitian ini adalah pre-Experimental Design dengan racangan One Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian adalah Kelas III yang berjumlah 40 siswa. Teknik dalam pegumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan analisis akhir yang menggunakan uji-t (Paired Sample t-test).
Berdasarkan hasil penelitian Hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata pretest 41,75 sedangkan postest nilai rata rata 76,25, Perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji t (Paired sample t-test) dengan hasil p = 0,000. < 0,05, maka nilai hipotesis (H0) pada penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dikarenakan terdapat berbedaan yang jelas antara kedua test tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Snowball Throwing sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran menyimak cerita siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode snowball throwing; Kemampuan menyimak cerita; Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:48
Last Modified: 29 Jul 2023 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20225

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics