Efektivitas pelaksanaan program pemberdayaan petani porang dalam meningkatkan pendapatan petani : studi kasus program pemberdayaan petani porang oleh Asperati di Kecamatan Tlogowungu

Fitriyah, Millatin Nisfatun (2022) Efektivitas pelaksanaan program pemberdayaan petani porang dalam meningkatkan pendapatan petani : studi kasus program pemberdayaan petani porang oleh Asperati di Kecamatan Tlogowungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026136_Millatin_Nisfatun_Fitriyah] Text (Skripsi_1905026136_Millatin_Nisfatun_Fitriyah)
Skripsi_1905026136_Millatin_Nisfatun_Fitriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Porang adalah salah satu tanaman yang dianggap memiliki potensi yang sangat bagus dan merupakan salah satu komoditas unggulan, yaitu digolongkan menjadi salah satu diantara dua komoditas yang dianggap super strategis selain sarang burung walet secara nasional Indonesia. Kecamatan Tlogowungu merupakan salah satu kecamatan dikabupaten Pati yang sudah terdapat suatu program pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas SDM petani Porang. Pemberdayaan tersebut diadakan oleh suatu organisasi kelompok petani porang yang bernama Asperati (Asosiasi Petani Porang Kabupaten Pati). Berdasarkan data yang diperoleh oleh penulis melalui wawancara dengan petani porang di kecamatan Tlogowungu, usaha tani porang yang sukses dapat menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah dalam satu kali panen, namun meskipun banyak petani Porang di kecamatan Tlogowungu yang sukses juga terdapat petani yang mengalami kerugian dalam usahataninya. Dalam usahatani Porang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian petani. Upaya yang dilakukan yaitu melalui program pemberdayaan petani untuk meningkatkan pengetahuan petani mengenai budidaya Porang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program pemberdayaan petani Porang oleh Asperati di kecamatan Tlogowungu dan bagaimana efektifitas program pemberdayaan petani Porang dalam meningkatkan pendapatan petani.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah petani Porang di kecamatan Tlogowungu, anggota dan pengurus Asosiasi Petani Porang Pati. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif fenomenologi.
Hasil penelitian ini adalah program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Petani Porang Pati yang dilaksanakan dengan misi pemberdayaan masyarakat sesuai dengan prinsip tolong-menolong, program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Petani Porang Pati dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan, kegiatan pendampingan dan program sosialisasi memenuhi tahapan siklus pemberdayaan dan telah terlaksana dengan baik serta program pemberdayaan petani Porang yang dilaksanakan oleh Asosiasi Petani Porang Pati efektif dalam meningkatkan pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pendapatan; Petani
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:09
Last Modified: 01 Aug 2023 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics