Pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan perbankan syariah (studi kasus nasabah bank syariah indonesia KCP Demak)

Safitri, Nur (2022) Pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan perbankan syariah (studi kasus nasabah bank syariah indonesia KCP Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1805036096_NUR_SAFITRI] Text (SKRIPSI_1805036096_NUR_SAFITRI)
1805036096_Nur Safitri_Full Skripsi - Nur Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia tmemasuki babak baru. Pertumbuhan industri perbankan syariah berhasil melakukan transformasi dari hanya sekedar perkenalan alternatif praktek perbankan syariah menjadi bagaimana bank syariah menempatkan posisinya sebagai pemain utama dalam bidak ekonomi tanah air. Bank syariah memiliki potensi besar untuk menjadi pilihan utama dan pertama bagi nasabah dalam pilihan transaksi mereka. Hal ini ditunjukkan dengan akselerasi pertumbuhan dan perkembangan perbankan syariah di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan memilih nasabah memilih produk tabungan perbankan syariah masyarakat Kabupaten Demak yang merupakan nasabah BSI KCP Demak Sultan Fattah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Data pada penelitian diproses menggunakan program aplikasi SPSS versi 22. Penelitian dilakukan pada 12 Agustus sampai 12 September 2022. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat pada Kabupaten Demak yang merupakan nasabah BSI KCP Demak Sultan Fattah. Penelitian mengambil 100 responden sebagai sampel pada penelitian.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor emosional dan faktor rasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih nasabah memilih produk tabungan perbankan syariah masyarakat Kabupaten Demak serta secara simultan atau bersamaan variabel faktor emosional dan faktor rasional secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan memilih nasabah memilih produk tabungan perbankan syariah masyarakat Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Emosional; Rasional; Keputusan Memilih; Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:56
Last Modified: 01 Aug 2023 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics