Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui industri rumahan : studi pada Keluarga karyawan Yurray collection di Desa Mangunsaren Tegal

Faidz, Salsya Islamiyati (2022) Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui industri rumahan : studi pada Keluarga karyawan Yurray collection di Desa Mangunsaren Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026045_Salsya_Islamiyati_Faidz] Text (Skripsi_1806026045_Salsya_Islamiyati_Faidz)
Skripsi_1806026045_Salsya_Islamiyati_Faidz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya industri rumahan Yurray Collection di pedesaan sebagai wadah dalam membantu perekonomian perempuan khususnya ibu rumah tangga dalam meningkatkan taraf ekonomi keluarga. Dengan memberi lapangan pekerjaan bagi perempuan untuk bekerja dengan waktu yang fleksibel dan dapat dilakukan di rumah masing-masing. Pemberdayaan melalui Yurray Collection berupaya mendorong perempuan menjadi lebih produktif dan mandiri secara ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan dan menguraikan data dalam bentuk tulisan secara sistematis, faktual, dan akurat sesuai dengan hasil yang ditemukan di lapangan baik melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yaitu pemilik dan karyawan Yurray Collection. Sedangkan untuk analis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan peran Yurray Collection dalam kegiatan pemberdayaan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan kapasitas perempuan dalam mengoptimalisasikan potensi yang dimiliki perempuan. Yurray Collection dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan bagi perempuan. Dampak pemberdayaan ekonomi perempuan melalui Yurray Collection menunjukkan hasil yang positif yaitu dari segi ekonomi membantu para perempuan dalam peningkatan pendapatan keluarga. Dari segi sosial dapat membantu memenuhi kebutuhan sosial dari penghasilan yang diperoleh, namun partisipasi perempuan sebagai pekerja dihadapkan pada kendala beban peran ganda yang dialami oleh karyawan Yurray Collection dimana ibu rumah tangga melakukan peran domestik dan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi secara bersamaan.

This research is motivated by the development of the Yurray Collection for helping women's economy, especially housewives, in improving the standard of living of their families. By giving women the opportunity to work at the Yuray Collection with flexible hours where a woman can work but never lose her role as a mother and wife at home. Empowerment through Yurray Collection seeks to encourage women to be more productive and economically independent.
This type of research is field research, using qualitative research methods and a descriptive approach to describe data in written form in a systematic, factual, and accurate according to the results found in the field both through interviews, observations and documentation. There were 11 subjects in this study, the owners and employees of the Yurray Collection. As for the data analysis in this study are data reduction, data presentation and conclusions.
The results of the study show that empowering women through home industries provides opportunities for housewives to work and improve their skills. Yurray Collection can improve and develop skills for women to become economically independent. The impact of women's economic empowerment through Yurray Collection shows positive results, from an economic perspective it helps women in increasing family income. From a social perspective, it can help meet social needs from the income earned, but women's participation as workers is faced with the constraints of the dual role burden experienced by Yurray Collection employees where housewives carry out domestic and public roles simultaneously.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Yurray Collection; Pemberdayaan; Ekonomi, Perempuan
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Gigih Eko Saputro
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:32
Last Modified: 07 Aug 2023 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics