Pengaruh postingan berita Instagram @pinterpolitik terhadap pembentukan opini publik mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang di media sosial

Hanani, Sarah Zati (2023) Pengaruh postingan berita Instagram @pinterpolitik terhadap pembentukan opini publik mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang di media sosial. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906016001_Sarah_Zati_Hanani] Text (Skripsi_1906016001_Sarah_Zati_Hanani)
Skripsi_1906016001_Sarah_Zati_Hanani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Opini publik merupakan tanggapan atau jawaban terhadap suatu persoalan yang dapat dinyatakan berdasarkan kata-kata. Opini publik terbagi menjadi tiga diantaranya opini positif, opini negatif, dan juga opini netral. Saat ini Instagram menjadi platform yang menyediakan wadah untuk dapat berdiskusi dan juga menyuarakan pendapat pribadi terlebih dalam postingan akun Instagram @pinterpolitik. Mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang merupakan inti dari pembelajaran mengenai politik. Sehingga mahasiswa serta mahasiswi dianggap lebih memahami mengenai arti sebenarnya dari politik. Oleh karena itu, realitas ini menarik untuk dikaji terutama berkaitan dengan apakah postingan berita akun Instagram @pinterpolitik memiliki pengaruh terhadap opini politik mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data berupa angket atau kuisioner yang dibagikan kepada mahasiswa/I Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang tahun akademik 2019 dan 2020. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinjauan media social juga teori opini politik.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dan sudah diolah menggunakan SPSS menunjukan uji regresi linear sederhana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh postingan berita Instagram @pinterpolitik terhadap opini politik mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang. Hal ini dapat dilihat dari f hitung sebesar 11,399 dengan tingat signifikan sebesar 0,004 yang menunjukan hasil output tersebut < 0,05. Kemudian hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh postingan berita Instagram @pinterpolitik terhadap pembentukan opini publik mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang di media social sebesar 41,6% sedangkan sisanya 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian yang dilakukan peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Postingan Berita Instagram; Opini Publik; Mahasiswa Ilmu Politik; Media Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 322 Relation of state to organized groups
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:09
Last Modified: 07 Aug 2023 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics