Respon penonton konten dakwah wanita "Suara Muslimah" di media sosial NU Online

Hakim, Lukman (2023) Respon penonton konten dakwah wanita "Suara Muslimah" di media sosial NU Online. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026118] Text (Skripsi_1801026118)
Skripsi_1801026118_LUKMAN_HAKIM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nahdlatul Ulama membuat wadah berupa media yang menaungi para wanita mengkaji ayat-ayat Al-Quran beserta tafsirannya, fikih, serta isu-isu tentang kewanitaan yang menarik untuk dibahas untuk kalangan perempuan. Salah satu media yang aktif dalam berdakwah adalah NU Online lewat kanal Youtube. NU Online sendiri memiliki banyak program dalam tayangannya dan salah satu program yang eksis mengikut sertakan wanita untuk berdakwah yaitu dalam rubrik “Suara Muslimah”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon penonton terhadap konten dakwah “Suara Muslimah” di Youtube NU Online yang berhubungan dengan dakwah baik permasalahan wanita maupun permasalahan umum. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi langsung terhadap penonoton dengan melihat komentar dalam konten dakwah di setiap video serta menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 4 konten video dari “Suara Muslimah” yang mana menurut peneliti sudah mencakup materi tentang permalahaan wanita.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon kognitif pada judul Lika-Liku Menghafal Al-Qur’an menghasilkan hasil positif, judul Hukum Keramas dan Rambut Rontok menghasilkan respon positif, judul Kisah Inspiratif Rabiah Al-Adawiyah mengahsilkan respon positif dan negatif, judul Membedakan Cinta Nafsu Dengann Cinta Sejati menghasilkan respon positif dan negatif. Pada respon afektif, keempat judul menghasilkan respon positif dan negatif. Pada respon konatif, keempat judul memberikan hasil respon positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Respon penonton; Konten dakwah; Wanita; Media sosial; NU; YouTube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:28
Last Modified: 07 Aug 2023 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics