Pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap periaku akhlak siswa MTs Riyadlus Shalihin Desa Bucor Wetan Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo

Nasrullah, Moh Ikbalur Ruli (2023) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap periaku akhlak siswa MTs Riyadlus Shalihin Desa Bucor Wetan Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026108_Moh_Ikbalur_Ruli_Nasrullah] Text (Skripsi_1801026108_Moh_Ikbalur_Ruli_Nasrullah)
Skripsi_1801026108_Moh_Ikbalur_Ruli_Nasrullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Akhlak merupakan peran penting dalam kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan, karena akhlak harus menjadi pondasi utama dalam pembentukan pribadi manusia yang baik. Manusia di zaman modern ini dihadapkan pada masalah moral dan akhlak cukup serius, jika dibiarkan akan merusak masa depan bangsa. Berbagai macam permasalahan akhlak siswa yang terdapat di MTs Riyadlus Shalihin diantaranya kurangnya kejujuran, kesadaran terhadap peraturan sekolah, serta ketaan dalam beribadah. Kemudian dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, muncul berbagai macam aplikasi yang sangat canggih dan juga semakin memperluas hubungan atau interaksi seseorang dalam bersosial. Salah satunya adalah aplikasi media sosial TikTok yang merupakan aplikasi yang sangat populer dan diminati oleh para siswa MTs Riyadlus Shalihin. Perkembangan yang ada tidak menutup kemungkinan bahwa media sosial TikTok dapat membawa efek negatif terhadap akhlak seseorang termasuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku akhlak. Hipotesis awal penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku akhlak siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MTs Riyadlus Shalihin Desa Bucor Wetan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 28 peserta didik, dengan demikian teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh atau sensus sampling. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, intensitas penggunaan media sosial TikTok oleh siswa tergolong tinggi. Kedua, akhlak siswa tergolong baik. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku akhlak siswa. Diketahui nilai t hitung intensitas penggunaan media sosial TikTok adalah 2.094 dan hal ini juga ditunjukkan dengan sumbangan pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku akhlak sebesar nilai r square 0.109 atau 10.9%, karena nilai hitung 2.094 > 2.06390, dengan demikian bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media sosial; TikTok; Perilaku; Siswa; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:30
Last Modified: 07 Aug 2023 09:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics