Nilai toleransi beragama dalam video "Journey of Religion Habib Ja'far" pada channel YouTube The Leonardo's

Nugroho, Andri Aji (2023) Nilai toleransi beragama dalam video "Journey of Religion Habib Ja'far" pada channel YouTube The Leonardo's. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026107_Andri_Aji_Nugroho] Text (Skripsi_1801026107_Andri_Aji_Nugroho)
Skripsi_1801026107_ANDRI_AJI_NUGROHO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Program Journey Of Religion merupakan sebuah program dalam Channel YouTube The Leonardo’s yang dibuat untuk mengetahui bagaimana perspektif dan ajaran agama yang sebenarnya dengan mengundang narasumber dari tokoh-tokoh agama yaitu Islam, Hindu, Buddha, Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Program Journey Of Religion menggunakan konsep talkshow yang dipandu oleh Onadio sebagai host dan para tokoh agama sebagai narasumber seperti Habib Ja’far, Pendeta Yerry Pattinasarany, Biksu Zhuan Xiu, Romo Reynaldo Antoni, Ida Mas Dalem Segara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai toleransi beragama. Dalam video tersebut, Habib Ja'far mengungkapkan pentingnya nilai toleransi beragama dalam menciptakan hubungan yang harmonis antar umat beragama. Habib Ja'far memberikan contoh nyata toleransi beragama yang dipraktikkan di masyarakat dan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti mengucapkan hari raya kepada agama lain, membantu sesama dalam kegiatan keagamaan, memberikan kebebasan dalam beribadah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deksriptif. Metode dari pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi Krippendorf dalam buku Eriyanto dengan beberapa tahapan yakni unit sampel (sampling units), unit pencatatan (recording units) dan unit konteks (context units).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, nilai toleransi beragama yang terkandung dalam video Journey Of Religion Habib Ja’far yaitu (1) Mengucapkan hari raya kepada agama lain membuat iman kita lebih baik dan banyak orang yang lebih menghormati Islam (2) Jangan mudah mengkafirkan orang lain karena tidak semua orang non muslim harus disakiti (3) Dalam bermusik jika tidak sia-sia karena dapat membahagiakan orang lain maka itu boleh sekaligus berpahala (4) Kesalahpahaman yang terjadi dalam agama karena ada jarak antara Muslim dan Islam (5) Islam universal itu adalah rahmatan lil’alamin (6) Berkerudung ataupun tidak itu pilihan setiap orang dan pilihan itu adalah bagian dari perjalanan spiritual seseorang (7) Kekhawatiran Indonesia rentan terjadi perang itu mungkin terjadi karena gejala-gejalanya sudah ada. Berdasarkan temuan dan analisis data yang telah diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa Habib Ja’far menekankan pentingnya menghormati perbedaan dan menerima keberagaman dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi beragama; YouTube; Habib Ja'far
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:33
Last Modified: 07 Aug 2023 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics