Pengaruh religiusitas, produk, dan pelayanan terhadap keputusan masyarakat menggunakan bank syariah : studi kasus Masyarakat Kabupaten Blora

Chakim, Arief Rahman (2022) Pengaruh religiusitas, produk, dan pelayanan terhadap keputusan masyarakat menggunakan bank syariah : studi kasus Masyarakat Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036095_Arief_Rahman_Chakim] Text (Skripsi_1805036095_Arief_Rahman_Chakim)
Skripsi_1805036095_Arief_Rahman_Chakim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan lembaga perbankan di Indonesia tidak dapat terlepas dari peran nasabah yang telah memberikan kepercayaan pada pihak bank dalam menyimpan aset keuangan yang dimiliki. Lembaga perbankan di Indonesia terbagi menjadi dua sistem bank yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank syariah merupakan bank yang beraktivitas berdasarkan prinsip syariah dimana aturan perjanjian yang dilakukan oleh bank dan nasabah dalam penghimpunan dana maupun pembiayaan kegiatan usaha didasarkan pada Al Quran dan Hadist. Topik penelitian ini merupakan perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan nasabah. Perilaku konsumen didefinisikan sebagai studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, serta bagaimana barang, jasa, ide, ataupun pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini menganalisis proses keputusan dari tahap pencarian informasi hingga pengambilan keputusan yang dilakukan nasabah dalam konteks menabung. Berdasarkan ruang lingkup ini, teori yang menjadi landasan studi ini adalah perilaku konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk, dan pelayanan terhadap keputusan penggunaan masyarakat Kabupaten Blora sebagai nasabah bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Data pada penelitian diproses menggunakan program aplikasi SPSS. Penelitian dilakukan pada 1 September sampai 20 November 2022. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat Kabupaten Blora yang merupakan nasabah bank syariah. Penelitian mengambil 100 responden sebagai sampel pada penelitian.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap masyarakat Kabupaten Blora sebagai nasabah bank syariah, sedangkan variabel pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap masyarakat Kabupaten Blora sebagai nasabah bank syariah, serta secara simultan atau bersamaan variabel religiusitas, produk, dan pelayanan secara positif dan signifikan mempengaruhi masyarakat Kabupaten Blora sebagai nasabah bank syariah. Artinya sekalipun religiusitas masyarakat Kabupaten Blora mengalami peningkatan, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan mereka menjadi nasabah bank syariah, begitu pula dengan produk yang ditawarkan oleh bank syariah belum mampu menarik masyarakat Kabupaten Blora yang telah menjadi nasabah bank syariah untuk mengubah preferensi mereka dalam menggunakan produk lain dari bank syariah. Sementara itu, hasil penelitian menyatakan semakin baik pelayanan yang diberikan bank syariah maka akan semakin meningkatkan keputusan penggunaan masyarakat Kabupaten Blora sebagai nasabah bank syariah.

ABSTRACT:
The development of banking institutions in Indonesia cannot be separated from the role of customers who have given confidence to the bank in storing their financial assets. Banking institutions in Indonesia are divided into two banking systems, namely conventional banks and Islamic banks. Islamic banks are banks that operate based on sharia principles whereby the terms of the agreements entered into by banks and customers in raising funds and financing business activities are based on the Al Quran and Hadith. The topic of this research is consumer behavior in the customer decision-making process. Consumer behavior is defined as the study of how individuals, groups, and organizations select, buy, use, and how goods, services, ideas, or experiences satisfy their needs and wants. This study analyzes the decision process from the information seeking stage to decision making by customers in the context of saving. Based on this scope, the theory that forms the basis of this study is consumer behavior.
This study aims to determine the effect of religiosity, product, and service on the decision to use the people of Blora Regency as Islamic bank customers. This study uses a quantitative research type with purposive random sampling technique. The data in this study were processed using the SPSS application program. The research was conducted from 1 September to 20 November 2022. The population in this study was the people of Blora Regency who were customers of Islamic banks. The study took 100 respondents as a sample in the study.
The results of this study indicate that the religiosity and product variables partially have no significant effect on the people of Blora Regency as customers of Islamic banks, while the service variable has a positive and significant influence on the people of Blora Regency as customers of Islamic banks, as well as simultaneously or together the variables of religiosity, product , and services positively and significantly affect the people of Blora Regency as customers of Islamic banks. This means that even though the religiosity of the people of Blora Regency has increased, this has no effect on their decision to use as Islamic bank customers, as well as the products offered by Islamic banks have not been able to attract the people of Blora Regency who have become Islamic bank customers to change their preferences in using the product. others from Islamic banks. Meanwhile, the results of the study stated that the better the service provided by Islamic banks, the higher the decision to use the people of Blora Regency as customers of Islamic banks

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Produk; Pelayanan; Keputusan Penggunaan; Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:38
Last Modified: 07 Aug 2023 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20291

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics