Pengaruh financial literacy, digital literacy dan brand image terhadap keputusan penggunaan aplikasi Flip.id : studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Juliyanto, Hendrawan Dwi (2022) Pengaruh financial literacy, digital literacy dan brand image terhadap keputusan penggunaan aplikasi Flip.id : studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036101_Hendrawan_Dwi_Juliyanto] Text (Skripsi_1805036101_Hendrawan_Dwi_Juliyanto)
Skripsi_1805036101_Hendrawan_Dwi_Juliyanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi sedikit banyak mengubah pola hidup Mahasiswa. Bertransaksi secara online bukan suatu hal yang baru untuk kalangan mahasiswa. Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan jasa digital perbankan khususnya transaksi transfer antar bank oleh mahasiswa, digunakan untuk mempermudah pembayaran seperti membayar biaya kos, membayar UKT, pembelian produk digital, top up e wallet, dan transaksi digital lainnya. Namun tarif biaya administrasi transfer antar bank menjadi pertimbangan bagi mahasiswa, hal ini tentu menjadikan aplikasi Flip.Id sebuah solusi dengan menawarkan jasa transfer antar bank tanpa biaya administrasi yang dapat diakses dengan mudah, efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy, digital literacy dan brand image terhadap keputusaan penggunaan aplikasi Flip.Id pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel penelitian berjumlah 96 responden dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji statistic simultan (uji F) dan uji stastistic parsial (uji T)).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy, digital literacy dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi Flip.Id. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t table. Variable financial literacy 2,264 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,026. Variable digital literacy 3,480 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,001. Variable brand image 8,804 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000.

ABSTRACT:
The rapid development of technology has more or less changed the lifestyle of students. Transactions online is not a new thing for students. In everyday life, the use of digital banking services, especially interbank transfer transactions by students, is used to facilitate payments such as paying boarding fees, paying UKT, purchasing digital products, e-wallet top ups, and other digital transactions. However, the administration fee for inter-bank transfers is a consideration for students, this certainly makes the Flip.Id application a solution by offering inter-bank transfer services without administration fees that can be accessed easily, effectively and efficiently.
This study aims to determine the effect of financial literacy, digital literacy and brand image on the decision to use the Flip.Id application for students of the Faculty of Islamic Economics and Business UIN Walisongo Semarang. This research method uses a quantitative method with a research sampling technique using a purposive sampling method so that the research sample is 96 respondents from students of the Faculty of Economics and Islamic Business UIN Walisongo Semarang. Data analysis in this study used instrument tests (validity test and reliability test), descriptive statistical analysis, classical assumption test and hypothesis testing (multiple linear regression analysis, coefficient of determination test (R2), simultaneous statistical test (F test) and partial statistical test (T test)).
The results of this study indicate that financial literacy, digital literacy and brand image have a significant positive effect on the decision to use the Flip.Id application. This is evidenced by the value of t count is greater than the value of t table. Financial literacy variable 2.264 > 1.660 with a significance value of 0.026. Digital literacy variable 3.480 > 1.660 with a significance value of 0.001. Brand image variable 8.804 > 1.660 with a significance value of 0.000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Flip.Id; Brand image; Digital literacy; Financial literacy; Keputusan Penggunaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:40
Last Modified: 07 Aug 2023 09:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics