Implementasi sikap moderasi beragama di SMP Singapore Indonesian School Palembang

Wahyuni, Dewi (2022) Implementasi sikap moderasi beragama di SMP Singapore Indonesian School Palembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016008_DEWI WAHYUNI _FULL] Text (Skripsi_1803016008_DEWI WAHYUNI _FULL)
1803016008_DEWI WAHYUNI _FULL SKRIPSI - Dewi Wahyuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bangsa Indonesia adalah masyarakat beragam budaya dengan sifat kemajemukanya Singapore Indonesian School (SIS) Palembang adalah lembaga pendidikan formal di Indonesia yang para peserta didiknya berlatar belakang multikultural. Sekolah tersebut adalah salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang mempunyai banyak peserta didik yang beragam, baik itu dari suku, agama, ras, etnis, dan sebagainya. Karena siswa di SMP Singapore Indonesian School (SIS) Palembang sangat beragam maka diperlukan penelitian tentang bagaimana implementasi sikap moderasi beragama yang ada di SMP Singapore Indonesian School (SIS) Palembang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian lapangan (qualitative research). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sikap moderasi beragama di SMP Singapore Indonesian School Palembang dapat dilihat berdasarkan: 1) Strategi penguatan implementasi sikap moderasi beragama di Singapore Indonesian School Palembang dengan menerapkan tiga kebijakan yaitu Kebijakan Sekolah Terhadap Pendidikan Agama, kebijakan intergrative moderasi beragama, kebijakan persuasi. 2) Upaya guru dalam penguatan implementasi sikap moderasi beragama dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu a) Kegiatan Pembelajaran di Kelas diterapkan dengan beberapa metode yaitu metode pembiasaan, metode nasihat, metode diskusi, metode teladan, b) Kegiatan sekolah dapat diterapkan melalui beberapa kegiatan seperti bakti sosial, PHBI, Family day, halal bi halal, buka bersama, perayaan Chines new years.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Moderasi beragama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:06
Last Modified: 01 Aug 2023 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20294

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics