Strategi dakwah chanel YouTube Kata Ustadz dalam menanamkan nilai-nilai keislaman terhadap remaja

Fhirnanda, Egy (2023) Strategi dakwah chanel YouTube Kata Ustadz dalam menanamkan nilai-nilai keislaman terhadap remaja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026034_Egy_Fhirnanda] Text (Skripsi_1901026034_Egy_Fhirnanda)
Skripsi_1801026034_Egy_Fhirnanda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ceramah dakwah dalam kemasan konten video banyak digemari oleh kalangan remaja. Namun tidak semua kalangan menonton dan mencerna ceramah dan dakwah yang disampaikan para ulama dan da’i khususnya kalangan remaja yang tidak sedikit berpendapat kesulitan dan kurang menarik menonton kontenkonten agama karena durasi yang panjang serta pembahasan yang terlalu serius, meskipun ceramah tersebut disampaikan oleh ustadz-ustadz ternama sekalipun. Melalui konten-konten segar eksklusif dari channel youtube Kata Ustadz. Maka dalam berdakwah di youtube dibutuhkan strategi dakwah yang matang untuk mecapai pesan-pesan dakwah kepada mad’u. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakhwah channel youtube kata ustadz dalam menanamkan nilai-nilai keislaman terkadap remaja. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode dari pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara bersama tim channel youtube Kata Ustadz dan juga dokumentasi terkait channel yotube Kata Ustadz itu sendiri. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan strategi dakwah channel youtube kata ustadz dalam menanamkan nilai keislaman seperti Aqidah, akhlak dan syariat yaitu dengan menggunakan tahapan strategi seperti perumusan, implementasi hingga evaluasi menunjukkan dalam mengemas konten dakwah memadukan QnA menarik namun tetap informatif dengan pememilihan tema yang dekat dengan anak muda, talent yang mewakilkan keragaman remaja di Indonesia dan diakhiri ceramah singkat diakhir video oleh ustadz yang pembawaan dan materi dakwah yang disampaikan terkesan tidak menggurui.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; YouTube; Kata Ustadz; Nilai keislaman; Remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:49
Last Modified: 07 Aug 2023 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics