Pengaruh digital marketing, kualitas layanan, dan nilai religiusitas terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018 – 2021)

Sari, Desi Putri Nur Laila (2022) Pengaruh digital marketing, kualitas layanan, dan nilai religiusitas terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018 – 2021). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1805036162_DESI] Text (SKRIPSI_1805036162_DESI)
1805036162_Desi_Lengkap Tugas Akhir - Desi Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Loyalitas merupakan kesetiaan nasabah terhadap suatu merk atau produk termasuk memperbaharui kontrak merk dimasa yang akan datang. Loyalitas nasabah menjadi hal yang penting karena dapat meningkatkan kinerja keuangan dan keberlangsungan hidup perbankan syariah dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pada digital marketing, kualitas layanan, dan nilai religiusitas terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Seamarang angkatan 2018 - 2021 dan sampel yang digunakan yaitu 100 responden sesuai dengan perhitungan dalam rumus slovin. Jenis penelitian ini ialah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sumber data yang digunakan berupa data primer. Pengujian yang dilakukan pada penelitian menggunakan bantuan program SPSS 23 dengan metode analisis data regresi linier berganda. Sementara untuk uji hipotesisnya menggunakan uji parsial (t) dan uji simultan (F) dengan tingkat signifikansi 0,10 (10%). Hasil penelitian berdasarkan uji parsial (t) menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah ditunjukkan dengan thitung 1,234 < ttabel 1,660 dan nilai sig. sebesar 0,220 > 0,10. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah ditunjukkan dengan thitung 2,146 > ttabel 1,660 dengan nilai sig. sebesar 0,034 < 0,10. Nilai religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah ditunjukkan dengan thitung 2,676 > ttabel 1,660 dan nilai sig. 0,009 < 0,10.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: digital marketing; kualitas layanan; nilai religiusitas; loyalitas.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:46
Last Modified: 03 Aug 2023 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics