Nilai-nilai pendidikan karakter religius dan toleransi dalam tradisi meron di Sukolilo Pati

Rohmaningtyas, Maulidatur (2022) Nilai-nilai pendidikan karakter religius dan toleransi dalam tradisi meron di Sukolilo Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016046_Maulidatur Rohmaningtyas_Lengkap] Text (Skripsi_1803016046_Maulidatur Rohmaningtyas_Lengkap)
1803016046_Maulidatur Rohmaningtyas_Tugas Akhir - Maulidatur Rohmaningtyas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna tradisi Meron di Sukolilo Pati, pelaksanaan tradisi Meron di Sukolilo Pati, dan nilai-nilai pendidikan karakter religius dan toleransi yang terkandung dalam tradisi Meron di Sukolilo Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara (interview), dan arsip dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tradisi Meron bermakna sebagai perayaan Maulud Nabi, dan wujud rasa syukur atas rizki yang diberikan oleh Allah Swt kepada masyarakat desa Sukolilo. 2) Pelaksanaan tradisi Meron terbagi menjadi tiga tahap yaitu: tahap pertama pra pelaksanaan tradisi Meron yang dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu keramaian menyambut Meron, pembentukan panitia, dan pembuatan Meron, tahap kedua prosesi pelaksanaan tradisi Meron, dan tahap ketiga pasca upacara tradisi Meron. 3) Nilai-Nilai pendidikan karakter religius dalam tradisi Meron, meliputi taat beragama, beramal saleh, ikhlas membantu sesama, pandai bersyukur, amanah dan keteladanan. Nilai pendidikan karakter toleransi dalam tradisi Meron meliputi nilai menghargai, bekerjasama, dan menghormati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter religius; Karakter toleransi; Tradisi; Meron
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:19
Last Modified: 03 Aug 2023 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20305

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics