Motion graphic sebagai teknik dakwah Yufid TV

Musa, Zidan Akmal (2023) Motion graphic sebagai teknik dakwah Yufid TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026097] Text (Skripsi_1801026097)
Skripsi_1801026097_Zidan_Akmal_Musa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas dakwah mengalami perkembangan seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Dakwah sekarang tidak cukup hanya dengan tatap muka dan di masjid-masjid saja. Dengan jaringan internet yang sudah menyebar masyarakat sekarang lebih mudah mengakses informasi yang ingin mereka ketahui, salah satunya adalah dakwah islam. Motion graphic sebagai produk dari desain komunikasi visual (DKV) bisa menjadi salah satu alternatif teknik untuk berdakwah melalui media sosial. Seperti yang dilakukan Yufid TV dengan video motion graphic-nya. Hal ini yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian pada skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui teknik dakwah yang digunakan dalam motion graphic channel Yufid TV. Metode penelitian dalan skripsi ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi berupa tayangan video motion graphic Yufid TV. Sedangkan model interaktif Miles dan Huberman adalah teknik analisis yang digunakan peneliti. Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa motion graphic yang ada pada channel Yufid TV merupakan inovasi baru dalam kegiatan berdakwah. Motion graphic Yufid TV juga menjadi jawaban atas perkembangan di era digital dengan menggunakan prinsip desain komunikasi visual sebagain teknik dakwahnya. Dari prinsip motion graphic yang berupa composition, frame, sound, dan flow dapat dijabarkan dalam prinsip-prinsip desain komunikasi visual yang ada, diantaranya kesatuan, keseimbangan, ritme, penekanan, dan prinsip penggambaran seperti semantik metamorfosa dan semantik style.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motion graphic; Teknik dakwah; Yufid TV
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 07 Aug 2023 10:10
Last Modified: 07 Aug 2023 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20315

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics