Gaya komunikasi Zaidul Akbar dalam berdakwah di channel YouTube Dr Zaidul Akbar Official

Fadlullah, Shobri (2023) Gaya komunikasi Zaidul Akbar dalam berdakwah di channel YouTube Dr Zaidul Akbar Official. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026035_Shobhri_Fadlullah] Text (Skripsi_1801026035_Shobhri_Fadlullah)
Skripsi_1801026035_Shobri_Fadlullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan bersosialisasi, salah satunya dalam kegiatan keagamaan seperti dakwah. Dakwah merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan usaha untuk mempengaruhi orang lain agar mereka bersikap dan bertingkah laku seperti apa yang diinginkan oleh pendakwah dan sesuai dengan ajaran agama. Setiap pendakwah atau penceramah memiliki kemampuan serta keterampilan berkomunikasi yang berbeda-beda. Agar pesan dakwah dapat diterima dengan mudah maka hal yang perlu diperhatikan adalah gaya komunikasi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gaya komunikasi Zaidul Akbar dalam menyampaikan dakwah di channel youtube dr Zaidul Akbar Official. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan menggunakan pendekatan dakwah. Sumber data penelitiannya yaitu data primer yaitu isi video (ucapan dan gerakan tubuh) Zaidul Akbar dalam menyampaikan dakwah dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi dakwah dr Zaidul Akbar mayoritas menggunakan gaya komunikasi assertive style dengan tipe efektif dan aktif. Pemilihan bahasa yang digunakan dr Zaidul Akbar dalam berdakwah adalah bahasa Indonesia tidak baku. Penyampaian bahasa yang digunakan juga mudah dipahami oleh mad’u. Teknik pengucapan oleh dr Zaidul Akbar menggunakan suara yang keras dan tegas namun juga terkadang lemah lembut. Sedangkan sumber pesan yang dipakai jelas bersumber dari kisah nabi, kisah sahabat maupun hadist dan al-Quran. Dalam implementasinya pemilihan gaya komunikasi dalam berdakwah maupun berkomunikasi perlu di perhatikan, karena penggunaan gaya komunikasi dapat mempengaruhi berhasil tidaknya pesan yang disampaikan kepada mad’u.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya komunikasi; Dakwah; YouTube; Zaidul Akbar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:46
Last Modified: 08 Aug 2023 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics