Parental engagement : solusi problematika pembelajaran daring PAI pada masa pandemi covid-19 di SMP N 04 Pemalang

Zain, Frida Hanifah (2022) Parental engagement : solusi problematika pembelajaran daring PAI pada masa pandemi covid-19 di SMP N 04 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016077_Frida Hanifah Zain_Full] Text (Skripsi_1803016077_Frida Hanifah Zain_Full)
1803016077_Frida Hanifah Zain_Full Skripsi - Frida Hanifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Parental Engagement sebagai Solusi Problematika Pembelajaran Daring PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 04 Pemalang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pandemi covid–19 yang menyebabkan pemerintah menutup sementara sekolah – sekolah dan mendorong pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) dari rumah, termasuk pembelajaran PAI yang di dalamnya bukan hanya mengejar nilai akademik saja, melainkan mengajarkan penanaman akhlaqul karimah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana Parental Engagement dapat menjadi solusi problematika pembelajaran daring PAI pada masa pandemi covid-19 di SMP N 04 Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memdampingi peserta didik selama pembelajaran daring mata pelajaran PAI sangat dibutuhkan. Kerjasama antara orang tua dan guru menjadi kunci tercapainya tujuan pembelajaran PAI selama daring. Hasil penelitiannya yaitu :1) Parental Engagement adalah kerjasama antara keluarga, sekolah, atau komunitas lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya keterlibatan orang tua untuk menunjang keberhasilan anak dalam belajar. 2) Problematika pembelajaran PAI pada masa pandemi di SMP N 4 Pemalang yaitu kendala sinyal, fasilitas yang pembelajaran daring yang kurang memadai, peserta didik kurang bisa memahami materi yang berakibat kesusahan mengerjakan tugas. 3) Peran orang tua mendampingi anak dalam belajar yaitu : orang tua memberi contoh tauladan yang baik untuk anaknya, menjadi fasilisator, memberi motifasi belajar pada anak juga bekerja sama dengan guru memantau kinerja anak. Salah satu cara yang diupayakan pihak sekolah agar orang tua dan guru dapat dengan mudah berkomunikasi adalah dengan menggunakan whatsappgrup yang beranggotakan para orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Parentel engagement; Pembelajaran daring; Peran orang tua
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:56
Last Modified: 03 Aug 2023 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics