Penggambaran peran perempuan dalam film dokumenter Tanah Ibu Kami perspektif ekofeminisme Islam

Izzani, Nurul (2023) Penggambaran peran perempuan dalam film dokumenter Tanah Ibu Kami perspektif ekofeminisme Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026162] Text (Skripsi_1701026162)
Skripsi_1701026162_Nurul_Izzani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perempuan tidak seharusnya selalu menjadi orang yang mudah terdampak parah dari sebuah permasalahan lingkungan, namun juga mampu keluar dan bahkan ikut berpartisipasi aktif melibatkan diri dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan lingkungan. Seperti halnya dalam film dokumenter Tanah Ibu Kami yang menceritakan bagaimana perempuan yang berperan sebagai garda depan dalam aksi penyelamatan terhadap alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perempuan yang terdapat dalam film dokumenter Tanah ibu Kami dengan kajian ekofeminisme melalui perpektif Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan analisis isi kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis peran perempuan dalam film dokumenter Tanah Ibu Kami dengan kajian ekofeminisme melalui perspektif Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan bukti adegan peran perempuan yang memuat konsep ekofeminisme dalam film dokumenter. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari film dokumenter Tanah Ibu Kami yang terdapat di channel Youtube The Gecko Project. Kemudian temuan pada penelitian dianalisis oleh peneliti dari sudut pandang Islam terhadap peran perempuan yang memuat konsep ekofeminisme.
Pembahasan hasil penelitian ini mencakup prinsip dasar ekofeminisme Vandana Shiva yakni, Tujuan tindakan ekonomi bukan hanya untuk meningkatkan kemakmuran materi tetapi juga untuk memperbarui kehidupan manusia. Mendorong aksi partisipasi berbasis masyarakat untuk menumbuhkan paradigma dalam kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi. Penolakan privatisasi barang publik seperti tanah, air, udara dan sumber daya alam. Menuntut tanggung jawab bersama antara laki-laki dan perempuan untuk secara bersama-sama bertanggungjawab atas pemeliharaan kehidupan di bumi ini. Yang kemudian dilihat dari perpektif Islam memandang hal tersebut. Sesuai dengan prinsip dasar yang dipaparkan oleh Vandana Shiva, yang mana peran perempuan yang ada dalam film dokumenter Tanah Ibu Kami menggambarkan bagaimana prinsip dasar tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran perempuan; Ekofeminisme; Perspektif Islam; Film dokumenter; Tanah Ibu Kami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:13
Last Modified: 08 Aug 2023 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics