Pendidikan moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bina Utama Kendal

Rahman, Muhammad Faidlur (2022) Pendidikan moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bina Utama Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016171_M. Faidlur Rahman_Full] Text (Skripsi_1803016171_M. Faidlur Rahman_Full)
1803016171_M. Faidlur Rahman_Full Skripsi - muhammad faidlur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Persoalan yang menimpa bangsa Indonesia semakin hari semakin kompleks dibandingkan masa-masa sebelumnya. Hampir semua aspek kehidupan mengalami permasalahan salah satunya pada aspek pendidikan. Fenomena paham radikal dan intoleran telah merambah ke dunia pendidikan. Apabila permasalahan tersebut tidak segera diantisipasi dengan baik dapat mengancam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, diperlukan usaha nyata dari berbagai pihak termasuk sekolah untuk menanggulangi merebaknya paham tersebut. Salah satu usaha yang harus dilakukan sekolah untuk mengantisipasi masuknya paham intoleran dan radikal yakni dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang moderasi beragama. Berangkat dari hal tersebut, dalam penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pendidikan moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam di SMK Bina Utama Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengupulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam di SMK Bina Utama Kendal sudah terlaksana melalui beberapa strategi. Pendidikan moderasi beragama melalui PAI yang dilaksanakan di SMK Bina Utama Kendal berkaitan dengan cara-cara yang akan diambil dan digunakan oleh seorang pendidik dalam melaksanakan dan menyampaikan materi pembelajaran mengenai moderasi. Pendidikan moderasi melalui PAI yang dilakukan guru PAI SMK Bina Utama Kendal yaitu 1.) menyisipkan muatan nilai-nilai moderasi dalam setiap materi pelajaran dan memberikan contoh-contoh serta pesan-pesan moral kepada peserta didik tentang pentingnya nilai-nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai moderasi dapat mudah dipahami dan di praktikkan oleh peserta didik. 2.) Dalam proses pembelajaran guru juga mengoptimalkan pendekatan dan metode pembelajaran yang dapat melahirkan nilai-nilai moderasi beragama diantaranya berfikir kritis, bersikap menghargai perbedaan, menghargai pendapat orang lain, toleransi antar sesama, demokratis dan bertanggung jawab. 3.) Evaluasi yang dilakukan di SMK Bina Utama Kendal dalam pendidikan moderasi beragama melalui PAI dengan pendekatan secara langsung kepada peserta didik yang bekerja sama dengan guru BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Moderasi beragama; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Aug 2023 04:30
Last Modified: 05 Aug 2023 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20362

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics