Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku biografi intelektual KH. MA. Sahal Mahfudh Karya Dr. Jamal Ma’mur Asmani, M.A.

Nuha, Imam Ulin (2022) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku biografi intelektual KH. MA. Sahal Mahfudh Karya Dr. Jamal Ma’mur Asmani, M.A. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016172_Imam Ulin Nuha_Lengkap] Text (Skripsi_1803016172_Imam Ulin Nuha_Lengkap)
1803016172_Imam Ulin Nuha_Lengkap Tugas Akhir - Ulin Nuha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Agama islam sangat memperhatikan aspek pembinaan terhadap karakter manusia. Karakter mempunyai posisi yang sangat penting dan fundamental pada kehidupan manusia. Dalam UU No 20 pasal 1 tentang SISDIKNAS tujuan dari pendidikan adalah mebina agar peserta didik dapat memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karkter yang terdapat dalam buku Biografi Intelektual KH. MA. Sahal Mahfudh karya Dr. Jamal Ma’mur Asmani, M.A. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan karakter (akhlak) kepada peserta didik dengan menggunakan media belajar buku bacaan yang berupa buku biografi, dengan penyampaian yang menarik sehingga peserta didik dapat menerima dan memahami materi untuk di implementasikannya di kehidupan nanti.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research) yang mana melalui penelitian ini peneliti menggali lebih dalam dan memahami nilai-nilai pendidikan karakter dari teks-teks yang terdapat dalam buku Biografi Intelektual KH. MA. Sahal Mahfudh karya Dr. Jamal Ma’mur Asmani, M.A. Berdasarkan hasil penelitian dalam buku Biografi Intelektual KH. MA. Sahal Mahfudh terdapat nilai-nilai pendidikan berupa nilai-nilai pendidikan karakter yang dikelompokkan menjadi 3, diantaranya: Karakter Terkait dengan Allah SWT, Karakter Terkait dengan Diri Sendiri dan Orang Lain, dan Karakter Terkait dengan Lingkungan. Termasuk dalam karakter terkait dengan Allah SWT adalah karakter religius. Kemudian karakter terkait dengan diri sendiri dan orang lain meliputi: tanggung jawab, disiplin, kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, dan bersahabat/komunikatif. Karakter terkait dengan lingkungan meliputi: peduli sosial, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan karakter; Biografi intelektual; KH. MA. Sahal Mahfudh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Aug 2023 04:46
Last Modified: 05 Aug 2023 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20363

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics