Pesan sabar dalam web series "Ustad Milenial"

Setyaningsih, Dita (0017) Pesan sabar dalam web series "Ustad Milenial". Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026095_Dita_Setyaningsih] Text (Skripsi_1701026095_Dita_Setyaningsih)
Skripsi_1701026095_Dita_Setyaningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena di masyarakat akibat himpitan ekonomi yang berujung hilangnya nyawa seseorang merupakan gambaran yang sangat tidak etis dalam sudut pandang Islam. Perlu adanya pemahaman tentang sikap sabar salah satunya melalui web series. Sebagai generasi muda yang telah mengetahui hal baik serta buruk harus bisa mengambil sisi positif yang ditampilkan dalam web series agar yang kita lihat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak setiap orang yang menonton web series dapat memahami pesan-pesan yang ada pada web series yang ditontonnya. Web series yang dekat dengan realita sosial serta menggambarkan perilaku orang yang bersikap sabar adalah web series Ustad Milenial. Web series bergenre drama religi ini diproduksi oleh IM-A-GIN-E dan disutradarai oleh Hestu Saputra. Bercerita tentang impian Ahmad menjadi ustad, masalah utang workshop, dan kematian Pak Muhammad yang mengharuskan Ahmad menunda kepergiannya ke Mesir. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti merumuskan masalah: Apa pesan sabar yang terdapat dalam web series Ustad Milenial?
Penelitian bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan pesan sabar yang ada pada web series Ustad Milenial. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari dokumentasi berbentuk video web series Ustad Milenial. Teknik analisis data menggunakan analisis isi menurut Klausa Krippendorf, mengenai unit analisis yang diolah adalah dengan menganalisis isi pesan pada web series Ustad Milenial.
Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pesan sabar yang terkandung dalam web series Ustad Milenial yang menunjukan pesan sabar ada tiga bentuk yaitu: sabar melaksanakan perintah dan ketaatan Allah SWT. Sabar dalam menjauhi larangan Allah. Sabar dalam menghadapi cobaan atau musibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sabar; Web Series; Ustad Milenial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:53
Last Modified: 08 Aug 2023 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics