Representasi tawakal dalam novel "Kamu Itu Subhanallah" karya Nova Eka Putri

Qodriyati, Laily (2023) Representasi tawakal dalam novel "Kamu Itu Subhanallah" karya Nova Eka Putri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026046] Text (Skripsi_1701026046)
Skripsi_1701026046_Laily_Qodriyati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Novel banyak berangkat dari kehidupan nyata dengan menonjolkan agama, sosial, budaya, ekonomi, atau aspek yang lainnya. Melalui novel pula, banyak pesan yang dapat disampaikan kepada pembaca sehingga dapat dijadikan pembelajaran hidup, salah satunya tawakal. Tawakal menjadi salah satu poin penting dalam hidup sebagai seorang muslim. Sebagai bukti keimanan, tawakal harus dilakukan dalam segala aktivitas yang dilakukan. Novel “Kamu Itu Subhanallah” karya Nova Eka Putri memberikan gambaran tawakal melalui tokoh utamanya. Ara Zalika yang digambarkan sebagai seorang wanita yang tangguh, kuat menjalani cobaan, berpegang teguh pada prinsip hidupnya, serta menjadi muslimah yang taat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi tawakal pada tokoh Ara dalam novel “Kamu Itu Subhanallah” karya Nova Eka Putri. menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) menurut Krippendorff dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tawakal dalam novel “Kamu Itu Subhanallah” digambarkan dalam berbagai peristiwa yang dialami oleh tokoh utama, Ara. Representasi tawakal ditemukan dalam dua bentuk, yaitu: tawakal yang memiliki sebab dan ‘illat serta tawakal yang tak ber’illat dengan berbagai tanda-tanda yang dimunculkan. Tawakal akan digambarkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam permasalahan prinsip hidup, asmara, pendidikan, perjuangan, dan usaha menggapai cita-cita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi; Tawakal; Novel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:55
Last Modified: 08 Aug 2023 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20372

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics