Studi komparasi hafalan Al-Qur’an antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan Semarang dan Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Jannah, Hannatul (2023) Studi komparasi hafalan Al-Qur’an antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan Semarang dan Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016016_Hannatul Jannah_Lengkap] Text (Skripsi_1903016016_Hannatul Jannah_Lengkap)
1903016016_Hannatul Jannah_Lengkap Tugas Akhir - Hannatul Jannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparasi hafalan Al-Qur’an antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan Semarang dan Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjawab rumusan masalah 1) Bagaimana hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan Semarang? 2) Bagaimana hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang? 3) Bagaimana perbedaan hafalan Al-Qur’an antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan Semarang dan Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santriwati program tahfidz Pondok Pesantren Al-Mizan yang berjumah 15 orang dan seluruh santriwati program tahfidz Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan yang berjumlah 68 orang. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis komparasi t-test.
Kajian ini menunjukkan bahwa 1) Secara kuantitas rata-rata perolehan ziyadah hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan dalam waktu satu minggu adalah 4 halaman dan rata-rata perolehan murajaah hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan dalam waktu satu minggu adalah 5 halaman. Sedangkan secara kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan dalam kualifikasi “baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 86,733. 2) Secara kuantitas rata-rata perolehan ziyadah hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Fadhlul Fadhlan Semarang dalam waktu satu minggu adalah 5 halaman dan rata-rata perolehan murajaah hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang dalam waktu satu minggu adalah 7 halaman. Sedangkan secara kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan dalam kualifikasi “baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 89,014. Terdapat perbedaan kuantitas hafalan Al-Qur’an antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan dan santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan. Hal ini dibuktikan dari rata-rata pendapatan halaman ziyadah santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan (4 halaman) lebih sedikit daripada santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (5 halaman) dan rata-rata pendapatan halaman murajaah santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan (5 halaman) lebih sedikit daripada santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan (7 halaman). Terdapat perbedaan kualitas hafalan Al-Qur’an yang signifikan antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan dan santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan. Hal ini ditunjukkan oleh rumus T-tes dengan Polled Varians didapatkan nilai t hitung = 2,002 lebih besar dari t tabel (dk = 81) pada taraf signifikansi 5% = 1,989. Hal ini menunjukkan hipotesis terdapat perbedaan hafalan Al-Qur’an antara santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Mizan dan santriwati program tahfidz di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an' Kualitas Hafalan; Santriwati; Program tahfidz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:36
Last Modified: 07 Aug 2023 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics