Pengaruh brand image, keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia : studi kasus Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang

Kurniawan, Anggi (2023) Pengaruh brand image, keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia : studi kasus Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036138_Anggi_Kurniawan] Text (Skripsi_1805036138_Anggi_Kurniawan)
Skripsi_1805036138_Anggi_Kurniawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Bank BSI telah bekerja sama dengan perguruan tinggi UIN Walisongo Semarang. Bentuk kerjasama yang dapat terlihat dengan jelas adalah setiap mahasiswa UIN Walisongo diberikan ATM dan rekening tabungan Bank BSI. Dengan begitu nasabah Bank BSI akan bertambah secara besar-besaran setiap tahun ajaran baru. Namun pada kenyataanya banyak mahasiswa UIN Walisongo yang memiliki lebih dari 1 ATM, hal ini dapat menjadi keraguan tersendiri apakah mahasiswa UIN Walisongo sudah merasa puas atas pelayanan Bank BSI atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Metode penelitian ini menggunalkan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Brand Image berpengaruh negatif dan siginifkan terhadap variabel Y penggunaan Kepuasan Nasabah memperoleh nilai t hitung lebih tinggi dibanding t tabel yaitu 1,651 < 1,658 dengan nilai signifikansi 0,102 > 0,05. Keragaman Produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel Y penggunaan Kepuasan Nasabah memperoleh nilai t hitung lebih tinggi dibanding t tabel yaitu 6,405 > 1,658 dengan nilai signifikansi 000 < 0,005. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel Y penggunaan Kepuasan Nasabah memperoleh nilai t hitung lebih tinggi dibanding t tabel yaitu 5,846 > 1,658 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Seluruh variabel bebas X1 Brand Image X2 Keragaman Produk dan X3 Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Y Kepuasan Nasabah. Dengan nilai f tabel sebesar 2,70 sedangkan f hitung 156,731 > f tabel 2,70

ABSTRACT:
Bank BSI has collaborated with UIN Walisongo Semarang college. The form of cooperation that can be seen clearly is that each Walisongo UIN student is given an ATM and a BSI Bank savings account. That way the customers of Bank BSI will increase massively every new school year. However, in reality many UIN Walisongo students have more than 1 ATM, this can be a separate doubt whether UIN Walisongo students are satisfied with Bank BSI's services or not. This study aims to determine the effect of brand image, product variety and service quality on customer satisfaction. This research method uses quantitative methods. The results showed that Brand Image had a negative and significant effect on the Y variable using Customer Satisfaction, which obtained a t value higher than t table, namely 1.651 <1.658 with a significance value of 0.102 > 0.05. Product diversity has a positive and not significant effect on the Y variable using Customer Satisfaction obtaining a t value higher than t table, namely 6.405 > 1.658 with a significance value of 000 <0.005. Service Quality has a positive and not significant effect on the Y variable using Customer Satisfaction obtaining a t value higher than t table, namely 5.846 > 1.658 with a significance value of 0.00 <0.05. All independent variables X1 Brand Image X2 Product Diversity and X3 Service Quality partially have a significant effect on variable Y Customer Satisfaction. With an f table value of 2.70 while f count 156.731 > f table 2.70

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Brand Image; Keragaman Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Nasabah; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:22
Last Modified: 08 Aug 2023 04:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics