Implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Semarang

Aprilia, Nur Elsa Ayu (2023) Implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016163_Nur Elsa Ayu Aprilia_Lengkap] Text (Skripsi_1903016163_Nur Elsa Ayu Aprilia_Lengkap)
1903016163_Nur Elsa Ayu Aprilia_Lengkap Tugas Akhir - Elsa Aprilia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai implementasi kebijakan kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum Merdeka Belajar di SMK Muhammadiyah 1 Semarang, serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dari berbagai narasumber yaitu, kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Dokumentasi berupa foto proses wawancara, profil sekolah, dan juga kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Belajar di SMK Muhammadiyah 1 Semarang sudah terlaksana cukup baik, meskipun memerlukan banyak penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Hal tersebut dapat tergambarkan dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum Merdeka Belajar diantaranya yaitu sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya guru yang selalu berusaha meningkatkan kompetensinya. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu pemahaman guru terkait kebijakan kurikulum Merdeka Belajar yang belum utuh, kesulitan guru dalam mengontrol aktivitas belajar peserta didik serta kemampuan setiap peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan; Kurikulum; Merdeka belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:25
Last Modified: 07 Aug 2023 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20389

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics