Makna cinta dalam film "Ayat Tentang Cinta" produksi Film Maker Muslim

Ghozi, Ikhwanul (2023) Makna cinta dalam film "Ayat Tentang Cinta" produksi Film Maker Muslim. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026082_Ikhwanul_Ghozi] Text (Skripsi_1601026082_Ikhwanul_Ghozi)
Skripsi_1601026082_Ikhwanul_Ghozi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan manusia, cinta menampakkan diri melalui berbagai bentuk. Pertama, cinta pada dirinya sendiri, istri, anak, harta dan tuhannya. Bentuk cinta yang ada pada manusia memegang peranan penting karena cinta merupakan landasan hubungan yang erat dalam struktur masyarakat serta terbentuknya hubungan antar manusia yang akrab. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni apa makna cinta dalam film “Ayat tentang Cinta” Produksi “Film Maker Muslim”.
Adapun metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan kualitatif yakni suatu pendekatan yang dilaksanakan dengan utuh pada objek penelitian yang dengan adanya peristiwa dan peneliti sendiri menjadi kunci dalam instrumen penelitian yang mana hasil dari observasi di jelaskan dalam bentuk kata-kata yag bersifat empris. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, analisis data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: Makna cinta melalui Film Ayat tentang Cinta produksi Film Marker Muslim yakni cinta Allah pada hambanya, cinta hamba pada Allah, cinta terhadap sesama dan cinta tethadap lingkungan. Makna cinta Allah pada hambanya dalam hal ini dapat diartikan sebagai cintanya seorang hamba akan tetapi tetap didasari oleh cinta kepada Allah dan restu dari orang tua. Makna cinta hamba pada Allah sebagai landasan bahwasanya kerendahan hati merupakan hal yang harus dilakukan oleh para hambanya untuk tidak sombong meskipun ilmu bahkan jabatan kita lebih tinggi. Makna cinta pada sesama bahwasanya cinta karena Allah tersebutlah menjadikan seorang hamba yang keinginannya tidak tercapai tidak menjadikan suatu kesedihan yang berlebihan. Makna cinta dengan lingkungan yang dimana manusia wajib memenuhi tata hubungan dengan alam semesta itu sesuai dengan fungsinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cinta; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:33
Last Modified: 08 Aug 2023 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics