Hubungan tingkat kecukupan protein dan status anemia terhadap kejadian dismenore pada remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto

Unnisa', Lu’lu’ (2023) Hubungan tingkat kecukupan protein dan status anemia terhadap kejadian dismenore pada remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of sKRIPSI_1607026052_Lu’lu’ Unnisa’_Lengkap] Text (sKRIPSI_1607026052_Lu’lu’ Unnisa’_Lengkap)
1607026052_LU_LU_ UNNISA_Lengkap Tugas Akhir - Lulu Unnisa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dismenore merupakan suatu gangguan yang dialami oleh wanita pada saat menstruasi terutama pada usia remaja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya dismenore, beberapa diantaranya adalah tingkat kecukupan protein dan status anemia.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat kecukupan protein dan status anemia terhadap kejadian dismenore remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan total sampling sebanyak 44 reponden remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto.
Hasil: Tingkat kecukupan protein remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto menunjukkan normal dan lebih berdasarkan recall selama 2 x 24 jam hari aktif dan 2 x 24 jam hari libur. Status anemia remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto dari 44 responden terdapat 10 responden mengalami anemia. Remaja putri SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto dari 44 responden terdapat 24 responden mengalami dismenore ringan-sedang, 5 responden mengalami dismenore berat-sangat berat dan 15 responden tidak mengalami dismenore. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan hasil tidak terdapat hubungan antara tingkat kecukupan protein terhadap kejadian dismenore (p= 0,720). Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecukupan protein terhadap status anemia (p= 0,167). Tidak terdapat hubungan antara status anemia terhadap kejadian dismenore (p= 0,851)
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecukupan protein terhadap kejadian dismenore. Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecukupan protein terhadap status anemia. Tidak terdapat hubungan antara status anemia terhadap kejadian dismenore.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Protein; Status anemia; Dismenore; Remaja putri; Hemoglobin
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:53
Last Modified: 08 Aug 2023 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics