Hubungan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang dengan status gizi (imt dan lingkar pinggang) wanita usia subur di Posyandu Lestari Genuk Semarang

Izza, Riyya Shofwatin (2022) Hubungan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang dengan status gizi (imt dan lingkar pinggang) wanita usia subur di Posyandu Lestari Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707026049_Riyya Shofwatin Izza_Lengkap] Text (Skripsi_1707026049_Riyya Shofwatin Izza_Lengkap)
1707026049_Riyya Shofwatin Izza_Lengkap Tugas Akhir - Riyya Izza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang merupakan hal yang berkaitan dengan status gizi individu. Setiap individu memiliki penilaian pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang serta status gizi yang berbeda-beda. Adapun penilaian status gizi dapat dilakukan dengan pengukuran berat badan, tinggi badan, indeks masa tubuh, dan lingkar pinggang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional yang dilakukan di Kelurahan Genuksari Kecamatan Genuk Kota Semarang. Penelitian ini melibatkan 57 responden wanita usia subur yang didapat menggunakan metode concecutive. Data yang diteliti, meliputi status gizi yang diperoleh dari pengukuran antropometri (berat badan dan tinggi badan), pengukuran lingkar pinggang, kuesioner pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi seimbang. Analisis bivariat menggunakan uji spearman.
Hasil: Hasil univariat menunjukkan mayoritas responden memiliki indeks massa tubuh baik dan lingkar pinggang normal. Hasil bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap gizi seimbang dengan indeks masa tubuh, tidak terdapat hubungan antara perilaku gizi seimbang dengan indeks masa tubuh, terdapat hubungan antara pengetahuan dengan lingkar pinggang, serta tidak terdapat hubungan antara sikap dan perilaku gizi seimbang dengan lingkar pinggang.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap gizi seimbang dengan indeks masa tubuh, tidak terdapat hubungan antara perilaku gizi seimbang dengan indeks masa tubuh, terdapat hubungan antara pengetahuan dengan lingkar pinggang, serta tidak terdapat hubungan antara sikap dan perilaku gizi seimbang dengan lingkar pinggang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Indeks masa tubuh; Lingkar pinggang; Perilaku gizi seimbang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:52
Last Modified: 08 Aug 2023 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20413

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics