Perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan tingkat kecukupan energi, status gizi, dan tingkat konsentrasi santri Pondok Pesantren Minhajut Tholabah Purbalingga

Amna, Isna Nurul (2023) Perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan tingkat kecukupan energi, status gizi, dan tingkat konsentrasi santri Pondok Pesantren Minhajut Tholabah Purbalingga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807026037_Isna Nurul Amna_Full] Text (Skripsi_1807026037_Isna Nurul Amna_Full)
1807026037_Isna Nurul Amna_Full Skripsi - Isnanurul Amna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Kemampuan menghafal dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor kesehatan yang dipengaruhi akibat kecukupan energi dan zat gizi. Menghafal juga perlu memiliki konsentrasi yang baik agar mampu memusatkan perhatiannya pada target yang ingin dicapai. Tujuan: Mengetahui perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan tingkat kecukupan energi, status gizi, dan tingkat konsentrasi santri PP Minhajut Tholabah. Metode: observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling, didapatkan 46 sampel pada setiap kelompok. Analisis yang digunakan adalah uji Chi Square dengan koreksi yates. Hasil : Mayoritas responden (52,2%) memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an kurang baik. Responden dengan tingkat kecukupan energi normal memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an lebih baik dibanding rersponden dengan tingkat kecukupan energi berlebih (50,0%). Responden dengan status gizi normal memiliki kemampuan menghafal Al-Quran lebih baik dibanding responden dengan status gizi gemuk (58,7%). Responden dengan tingkat konsentrasi sedang dan responden dengan tingkat konsentrasi baik keduanya sama-sama memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an yang kurang baik. Kesimpulan: Terdapat perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan tingkat kecukupan energi (p=0,033) dan status gizi (p=0,037). Tidak terdapat perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an berdasarkan tingkat konsentrasi (p=0,832).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Kecukupan energi; Status gizi; Tingkat konsentrasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Aug 2023 10:02
Last Modified: 08 Aug 2023 10:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics