Hubungan pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan membaca label gizi pada makanan kemasan dengan status gizi siswa SMA Negeri 2 Playen Kabupaten Gunungkidul

Isnaini, Alfira Bekti Nur (2022) Hubungan pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan membaca label gizi pada makanan kemasan dengan status gizi siswa SMA Negeri 2 Playen Kabupaten Gunungkidul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807026074_Alfira Bekti Nur Isnaini_Lengkap] Text (Skripsi_1807026074_Alfira Bekti Nur Isnaini_Lengkap)
1807026074_Alfira Bekti Nur Isnaini_Lengkap Tugas Akhir - Alfira Bekti-074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Label gizi adalah daftar kandungan zat gizi yang wajib dicantumkan pada makanan kemasan sesuai format yang dibakukan. Pencantuman label gizi memudahkan dalam memilih makanan kemasan yang tepat sesuai dengan kebutuhan gizi. Pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan membaca label gizi sangat diperlukan karena akan mempengaruhi pemilihan makanan kemasan yang dikonsumsinya sehingga dapat mempengaruhi status gizi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan membaca label gizi dengan status gizi siswa SMA Negeri 2 Playen.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, yang melibatkan 90 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang ambil yaitu pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan membaca label gizi yang diukur menggunakan instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis bivariat yang digunakan yaitu uji spearman rho .
Hasil: Penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki pengetahuan terkait label gizi baik (43,3%), mayoritas keterampilan membaca label gizi baik (41,1%), mayoritas kebiasaan membaca label gizi sedang (35,6%), serta mayoritas berstatus gizi baik (58,9%). Analisis uji statistik menunjukkan hubungan pengetahuan terkait label gizi dengan status gizi (p=0,034), hubungan keterampilan membaca label gizi dengan status gizi (p=0,38), dan hubungan kebiasaan membaca label gizi dengan status gizi (p=0,020).
Kesimpulan: Terdapat hubungan pengetahuan terkait label gizi dengan status gizi, terdapat hubungan keterampilan membaca label gizi dengan status gizi, dan terdapat hubungan kebiasaan membaca label gizi dengan status gizi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Label gizi; Status gizi; Siswa; Makanan kemasan; Pengetahuan; Keterampilan; Kebiasaan membaca
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Aug 2023 09:45
Last Modified: 10 Aug 2023 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics