Pengaruh ujub terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI SMA Negri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro

Afandi, Achmad Alfian (2022) Pengaruh ujub terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI SMA Negri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046014_Achmad Alfian Afandi] Text (Skripsi_1804046014_Achmad Alfian Afandi)
Skripsi_1804046014_Achmad Alfian Afandi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Tanpa adanya konsentrasi dalam belajar, maka siswa akan kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Siswa yang berkonsentrasi dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam belajar, memberikan respon, bersikap tenang dan tidak menggaggu siswa lain. Adapun siswa yang menyepelekan pembelajaran ditunjukan dengan tidak memperhatikan pelajaran atau tidak fokus pada pembelajaran menurut pandangan islam termasuk kedalam sifat ujub. Hal tersebut dikarenakan sifat ujub membuat sesorang merasa bangga terhdap dirinya sendiri akan kehebatannya, sehingga ia akan enggan untuk berusaha dan lebih bersikap pasif dalam berkonsentrasi dan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ujub terhadap konsentrasi belajar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel memakai teknik simple random sampling. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh sisiwa kelas XI dengan jumlah total 324 siswa, dan diambil sampel sebanyak 179 siswa berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin dengan nilai kritis 5%,. Pengumpulan data menggunkan angket, dengan skala yang digunakan ialah skala Likert variasi pilihan empat jawaban. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana.
Penelitian ini memperoleh hasil yang terdapat pengaruh negatif dan sangat signifikan antara ujub dengan konsentrasi belajar, ditunjukan dengan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (83,333>6,78) dan nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000<0,01) taraf signifikasi 1%. Kemudian arah pengaruh ujub terhadap konsentrasi belajar ialah negatif atau berlawanan arah, ditunjukan dengan persamaan model regresi sederhana Y = (77,921) - 0,556X, yang artinya semakin tinggi ujub maka akan berkurang atau semakin rendah konsentrasi belajar siswa. adapun kontribusi atau sumbangsih variabel ujub pada penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji determinasinya (R2) dengan besaran angka 0,320 atau 32%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujub; Konsentrasi belajar; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Setyo prabowo
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:18
Last Modified: 11 Aug 2023 10:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics