Konsep ziarah pada peziarah makam Syekh Hasan Munadi Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Gultom, Rahma Oktavia (2022) Konsep ziarah pada peziarah makam Syekh Hasan Munadi Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046017_Rahma Oktavia Gultom] Text (Skripsi_1804046017_Rahma Oktavia Gultom)
Skripsi_1804046017_Rahma Oktavia Gultom.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Ziarah ialah kegiatan mengunjungi pemakaman dengan niat mendoakan para penghuni kubur serta mengambil pelajaran dari keadaan mereka. Makam Syekh Hasan Munadi ramai dikunjungi oleh para peziarah karena beliau dipercaya memiliki kontribusi yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat sehingga peziarah percaya tentang adanya unsur karamah yang dimiliki oleh beliau. Kepercayaan yang kuat dalam masyarakat tersebut menimbulkan dampak yang berbeda pada tiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua permasalahan yaitu: pemahaman konsep ziarah pada peziarah, dan dampak yang diperoleh berziarah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitian peziarah yang berziarah ke makam Syekh Hasan Munadi Desa Nyatnyono, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang. Analisis data dalam penelitian ini yakni dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode yang dipakai dalam mengumpulkan data lapangan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pemahaman konsep ziarah pada seluruh subjek dalam berziarah ke makam Syekh Hasan Munadi yaitu ziarah berarti suatu bentuk kegiatan untuk mengunjungi/mendatangi orang yang telah meninggal dunia. Sebagian peziarah yang melakukan ziarah ke makam dengan tujuan mencari berkah (tabaruk) dan juga melakukan tawasul kepada Syekh Hasan Munadi agar permohonan dan keinginannya segera dikabulkan oleh Allah SWT. Dampak yang diperoleh peziarah berziarah ke makam Syekh Hasan Munadi yaitu, memperoleh ketenangan jiwa, menjadi pengingat akan kematian, menimbulkan kesadaran untuk bermuhasabah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperoleh keberkahan, dan mempermudah dikabulkannya hajat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ziarah; Makam wali
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Setyo prabowo
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:19
Last Modified: 11 Aug 2023 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics