Hubungan partisipasi ibu dalam kegiatan posyandu serta tingkat kecukupan energi dan protein dengan status gizi balita di Posyandu Mawar Merah Tegalglagah Brebes

Rachmawati, Iska (2023) Hubungan partisipasi ibu dalam kegiatan posyandu serta tingkat kecukupan energi dan protein dengan status gizi balita di Posyandu Mawar Merah Tegalglagah Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807026094_Iska Rachmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1807026094_Iska Rachmawati_Lengkap)
1807026094_Iska Rachmawati_Lengkap Tugas Akhir - Iska Rachmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Partisipasi ibu dalam kegiatan Posyandu merupakan keikutsertaan ibu dalam penyelesaian masalah kesehatan di masyarakat, dengan melakukan pemantauan status gizi dan pemanfaatan program pelayanan kesehatan dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk memonitor pola pertumbuhan anak dengan mengadakan penimbangan berat badan. Beberapa faktor yang mempengaruhi status gizi pada balita adalah pola pengasuhan dengan kegiatan penimbangan di Posyandu, serta faktor asupan melalui tingkat konsumsi energi dan protein.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi ibu dalam kegiatan Posyandu dengan tingkat kecukupan energi dan protein serta hubungan tingkat kecukupan energi dan protein dengan status gizi balita di Posyandu Mawar Merah Tegalglagah Brebes.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei observasional analitik dengan desain Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling pada 70 ibu dan balita, kemudian di dapat sampel sebanyak 45 responden. Pengambilan data dilakukan degan pengukuran antropometri dan pengisian kuesioner. Data asupan energi dan protein diperoleh dengan form food recall 2x24 jam. Data dianalisis dengan uji statistik yaitu uji Fisher.
Hasil: Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan tidak terdapat hubungan antara partisipasi ibu dalam kegiatan Posyandu dengan tingkat kecukupan energi dan protein yang dibuktikan dari hasil uji Fisher didapatkan nilai p pada masing-masing p = 1,000>0,05 dan p = 0,410>0,05. Berdasarkan hasil uji Fisher yang dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat kecukupan energi dan protein pada status gizi balita menunjukkan nilai p pada masing-masing uji adalah p = 0,024<0,05 dan p = 0,028<0,05 yang artinya terdapat hubungan antara tingkat kecukupan energi dan protein dengan status gizi balita di Posyandu Mawar Merah Tegalglagah Brebes.
Kesimpulan: Tingkat kecukupan energi dan protein merupakan faktor yang berhubungan dengan status gizi balita di Posyandu Mawar Merah Tegalglagah Brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi ibu; Posyandu; Kecukupan energi; Protein; Status gizi; Balita
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Aug 2023 09:39
Last Modified: 09 Aug 2023 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics