Hubungan asupan besi dan status gizi dengan gangguan siklus menstruasi polimenorea pada tirakat nyirih mahasiswi di Pondok Pesantren A.P.I Al Masykur Jombor

Hikmah, Ahris Fuadatil (2023) Hubungan asupan besi dan status gizi dengan gangguan siklus menstruasi polimenorea pada tirakat nyirih mahasiswi di Pondok Pesantren A.P.I Al Masykur Jombor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807026103_Ahris Fuadatil Hikmah_Full] Text (Skripsi_1807026103_Ahris Fuadatil Hikmah_Full)
1807026103_Ahris Fuadatil Hikmah_Full Skripsi - Ahris Fuadatil Hikmah_103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Siklus menstruasi merupakan waktu sejak hari pertama menstruasi sampai datangnya menstruasi periode berikutnya. Siklus menstruasi diketahui memiliki beberapa faktor diantaranya termasuk asupan zat besi dan status gizi. Masalah asupan zat besi kurang dan status gizi kurang merupakan masalah yang penting untuk diperhatiakan karena menjadi sebab terjadinya gangguan siklus menstruasi polimenorea yaitu pendarahan yang jumlahnya sama dengan normal namun siklus menstruasinya lebih pendek yaitu (Kurang dari 21 hari).
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan asupan zat besi dan status gizi dengan gangguan siklus menstruasi polimenorea pada tirakat nyirih mahasiswi di Pondok Pesanten API al-Masykur Jombor
Metode: Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional di Pondok Pesantren API al-Masykur Jombor. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswi dan merupakan santri di Pondok Pesantren API al Masykur Jombor yang menerapkan tirakat nyirih dengan jumlah 80 mahasiswi.Besar sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus total sempling yaitu mahasiswi yang menerapkan tirakat nyirih di Pondok Pesantren API. al-Masykur Jombor yang memenuhi kriteria inklusi. Data yang diukur yaitu kuesioner Semi-kuantitatif FFQ, kuesioner untuk mengetahui asuapn fe mahasiswi, pengukuran antropometri terhadap mahasiswi dan juga pengukuran siklus menstruasi menggunakan buku kalender absen menstruasi.
Hasil: Karakteristik responden memiliki gangguan siklus menstruasi polimenora (63,8%), siklus menstuasi normal (36,2), asupan zat besi kurang (43,7%), asupan zat besi defisit (26,3%), asupan zat besi sedang (30%), asupan zat besi baik (0%), status gizi kurus (55%), sangat kurus (11,3%), normal (30%), overweight (2,5%), obesitas (1,2%). Hasil analisis bivariate menujukan asupan zat besi memiliki hubungan bermakna dengan gangguan siklus menstruasi polimenorea (p<0,05). Status gizi memiliki hubungan bermakna denagn gangguan siklus menstruasi polimenorea (p<0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan asupan zat besi dan status gizi dengan gangguan siklus menstruasi polimenorea pada tirakat nyirih mahasiswi di Pondok Pesanten API al-Masykur Jombor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gangguan siklus menstruasi; Polimenorea; Asupan zat besi; Status gizi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:25
Last Modified: 10 Aug 2023 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20513

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics