Hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada penderita hipertensi di Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon

Rokhmah, Siti (2023) Hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada penderita hipertensi di Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807026123_Siti Rokhmah_Lengkap] Text (Skripsi_1807026123_Siti Rokhmah_Lengkap)
1807026123_Siti Rokhmah_Lengkap Tugas Akhir - Siti Rokhmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit yang ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah diatas ambang batas normal, yaitu sistolik > 140 mmHg dan diastolik > 90 mmHg. Tidak terkontrolnya nilai tekanan darah yang meningkat dapat menyebabkan komplikasi, seperti strok, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal. Diet merupakan salah satu cara untuk mengontrol hipertensi, namun terkadang penderita hipertensi banyak yang tidak patuh terhadap diet hipertensi, hal tersebut dikarenakan pengetahuan tentang hipertensi dan dukungan keluarga yang kurang.
Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada penderita hipertensi di Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.
Metode: Desain penelitian ini yaitu Cross-sectional dan populasi semua penderita hipertensi di Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 66 orang. Variabel independent pengetahuan dan dukungan keluarga dan dependent kepatuhan diet penderita hipertensi. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner dengan pengolahan data dan uji statistik menggunakan rank Spearman.
Hasil: Responden yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 38 orang (57,6%), responden yang memiliki dukungan keluarga cukup 34 orang (51,5%), dan responden yang tidak patuh terhadap diet hipertensi sebanyak 37 orang (56,1%). Hasil uji rank Spearman pengetahuan dan dukungan keluarga menunjukkan bahwa nilai signifikansi p = 0,000 < α (0,05), sehingga H0 ditolak.
Kesimpulan: Terdapat hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada penderita hipertensi di Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Sebagian besar responden memiliki keluarga yang saling bergantung, melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya, serta perannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga; Diet hipertensi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:54
Last Modified: 10 Aug 2023 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics