Perancangan asrama dan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri Tanjung Pelanduk Karimun dengan pendekatan arsitektur ekologi

Putri, Rani Annisa (2023) Perancangan asrama dan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri Tanjung Pelanduk Karimun dengan pendekatan arsitektur ekologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi1804056003_Rani Annisa Putri_Lengkap] Text (Skripsi1804056003_Rani Annisa Putri_Lengkap)
Skripsi Rani 1804056003 - Rani Annisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang perencanaan dan perancangan Asrama dan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri Tanjung Pelanduk Karimun dengan konsep arsitektur ekologi. Karena di era saat ini sangat dibutuhkan lulusan dengan kemampuan dan keterampilan yang siap untuk terjun ke dunia pekerja. Tujuan dalam perencanaan dan perancangan ini adalah Lembaga Pendidikan yang dapat menjadi wadah untuk kegiatan belajar mengajar yang menghasilkan siswa yang dapat mengembangkan potensi alam daerah desa tanjung pelanduk dan sekitar. Dan kemungkinan banyak dari daerah sekitar tidak memiliki tempat tinggal sehingga dirancang asrama dengan program boarding school. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang diambil lewat wawancara dari masyarakat dan pejabat Desa Tanjung Pelanduk Karimun.
Arsitektur ekologi dalam konsep penulisan ini dipandang menjadi suatu bentuk yang utuh yang terdiri dari 2 butir aspek penting, yaitu aspek lingkungan manusia dan lingkungan alam. Perancangan sekolah SMK N Tanjung Pelanduk Karimun yang diharapkan bisa menunjukan keselarasan 2 butir arus tadi, yaitu pengalaman kecanggihan teknologi yang selaras dengan lingkungan alam dan akibatnya bisa mengurangi angka pencemaran lingkungan akibat pembangunan yang kurang bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arsitektur; Ekologi; Sekolah; Boarding school
Subjects: 700 The arts > 720 Architecture > 727 Buildings for education and research
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 23201 - Ilmu Seni dan Arsitektur Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:45
Last Modified: 11 Aug 2023 10:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20530

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics