Hubungan intensitas mengikuti bimbingan agama Islam dengan adversity quotient (daya juang) remaja di Panti Asuhan Iskandariyah Ngaliyan Semarang

Handayani, Inelia (2023) Hubungan intensitas mengikuti bimbingan agama Islam dengan adversity quotient (daya juang) remaja di Panti Asuhan Iskandariyah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901016084_INELIA_HANDAYANI] Text (Skripsi_1901016084_INELIA_HANDAYANI)
Skripsi_1901016084_INELIA_HANDAYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Adversity quotient (daya juang) pada masa remaja dapat dikembangkan melalui beberapa faktor, salah satunya adalah intensitas mengikuti bimbingan agama Islam. Remaja yang memiliki kondisi hidup kurang beruntung seperti terlantar, yatim, piatu, atau yatim piatu akan dirawat oleh pemerintah maupun swasta di suatu lembaga yang disebut Yayasan Panti Asuhan. Mengasuh anak-anak dengan berbagai latar belakang yang berbeda tentu artinya mengemban tanggung jawab yang besar, sebab penting sekali untuk memberikan bimbingan, arahan, pendidikan, dan pengasuhan yang baik dan tepat, apalagi pada remaja yang telah kehilangan peran dan fungsi orang tuanya. Panti Asuhan Iskandariyah memberikan pelayanan pengganti orang tua atau keluarga dengan cara memberikan bimbingan agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas mengikuti bimbingan agama Islam dengan adversity quotient (daya juang) remaja di Panti Asuhan Iskandariyah Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengikuti bimbingan agama Islam dengan adversity quotient (daya juang) remaja di Panti Asuhan Iskandariyah Ngaliyan Semarang. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis, selanjutnya data akan dianalisis menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja panti asuhan Iskandariyah Ngaliyan Semarang, kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan responden penelitian sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas menggunakan metode korelasi pearson, dengan nilai ≤ 0,05 berarti valid dan teknik reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha > 6,0. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dengan menghitung mean (rata-rata) dan uji hipotesis menggunakan metode korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas mengikuti bimbingan agama Islam dengan adversity quotient (daya juang). Diperoleh hasil nilai koefisien korelasi 0,681 dengan nilai sig < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut tingkat kekuatan hubungan termasuk kedalam kategori kuat karena berada direntang nilai 0,60 – 0,799. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas mengikuti bimbingan agama Islam maka semakin tinggi adversity quotient (daya juang).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Adversity Quotient; Daya juang; Remaja; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 12 Aug 2023 07:46
Last Modified: 12 Aug 2023 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20542

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics