Analisis perhitungan sistem penanggalan Masehi dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah karya Kiai Ali Ma’shum Jombang

Al Kayyisah, Ubaidah (2022) Analisis perhitungan sistem penanggalan Masehi dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah karya Kiai Ali Ma’shum Jombang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046089_Ubaidah_Al_Kayyisah] Text (Skripsi_1802046089_Ubaidah_Al_Kayyisah)
Skripsi_1802046089_Ubaidah_Al_Kayyisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu pokok pembahasan ilmu falak adalah pembahasan tentang mengetahui awal tahun, baik awal tahun Masehi atau awal tahun Hijriyah. Untuk mengetahui awal tahun Masehi pada masa sekarang sudah sangat mudah. Seperti, mengetahui perhitungan sistem penanggalan awal tahun Masehi dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah, yang juga terdapat tabel data Us, yaitu berupa kolom pertemuan tahun yang ingin diketahui dengan kolom angka yang digunakan untuk menentukan awal tahun, dengan selanjutnya melihat pada kolom tabel pertemuan hari dan pasaran, dan angka dalam tabel hari dan pasaran adalah menunjukkan awal tahun Masehi yang ingin diketahui.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penggunaan tabel dalam menentukan awal tahun Masehi dan keakuratan perhitungan sistem penanggalan Masehi dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah, sumber data sekundernya adalah wawancara dengan Ali Mustofa Kediri penulis terjemahan penjabaran dari kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah, dan juga data dari buku-buku, karya-karya ilmiah atau kajian yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, perhitungan sistem penanggalan Masehi dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah menunjukkan hasil yang akurat dengan membandingkan pada hasil perhitungan dalam buku Almanak Sepanjang Masa dan perhitungan kontemporer Digital Falak v.2.2.7. Namun yang membedakan untuk menentukan awal bulan tahun Masehi dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah dan buku Almanak Sepanjang Masa adalah dalam cara penggunaan tabelnya, sehingga perhitungan dalam kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah ini bisa dijadikan sebagai rujukan untuk menentukan awal tahun Masehi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanggalan Masehi; Kiai Ali Ma’shum; Kitab Ad-Durūs al-Falakiyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 529 Chronology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:55
Last Modified: 15 Aug 2023 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20582

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics