Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android bermuatan evaluasi hots pada materi fungi

Al Fahri, Naufal Wima (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android bermuatan evaluasi hots pada materi fungi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086033_NAUFAL_WIMA_AL_FAHRI] Text (SKRIPSI_1708086033_NAUFAL_WIMA_AL_FAHRI)
1708086033_Naufal Wima Al Fahri_Lengkap Tugas Akhir - Naufal Wima Al Fahri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi penting yang perlu dipersiapkan untuk memenuhi tuntutan abad 21 adalah kemampuan HOTS. Kurikulum 2013 bertujuan mengembangkan keterampilan HOTS. Survey PISA Indonesia tahun 2018, kategori membaca sains dan matematika berada pada urutan ke 73 dari 78. Harapan kurikulum 2013 perlu memanfaatkan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan karakteristik media pembelajaran berupa aplikasi pembelajaran bermuatan evaluasi HOTS pada materi fungi. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development. Model penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Desain penelitian ini menyediakan sumber belajar berbasis android pada materi fungi kelas X pada KD 3.7 dengan muatan evaluasi HOTS. Pengujian media pembelajaran ini dilakukan dengan uji kevalidan dan uji kelayakan. Penilaian validator media pembelajaran interaktif adalah 90.79%, penilaian validator ahli materi fungi adalah 89,06%, penilaian guru biologi kelas X MIPA SMAN 1 Slahung adalah 92,74% dan pengujian terhadap siswa kelas X MIPA SMAN 1 Slahung adalah 81.06%. dari hasil penilaian masuk dalam kategori sangat layak. sedangkan hasil validasi soal berbasis HOTS menunjukan bahwa soal-soal evaluasi sudah sesuai kategori soal HOTS. Hasil keseluruhan penilaian yang diberikan oleh validator ahli media pembelajaran, validator ahli muatan materi fungi, validator dari guru Biologi mendapatkan kategori sangat layak dan validasi dari ahli evaluasi berbasis HOTS menunjukan bahwa soal evaluasi dalam produk media pembelajaran sesuai dengan kriteria soal HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Android; Biologi; Evaluasi HOTS; Fungi; Media Pembelajaran.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:05
Last Modified: 16 Aug 2023 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics