Studi akurasi Qibla Box dalam penentuan arah kiblat

Nursyamsi Z, Ade (2023) Studi akurasi Qibla Box dalam penentuan arah kiblat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902046034_Ade_Nursyamsi_Z] Text (Skripsi_1902046034_Ade_Nursyamsi_Z)
Skripsi_1902046034_Ade_Nursyamsi_Z.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Telah muncul metode baru berbasis elektronika dan komputer, alat tersebut diberi nama Qibla Box. Qibla Box merupakan instrumen digital sebagai alat bantu dalam menentukan arah kiblat yang menggunakan software dan hardware. Hardware Mikrokontroler Arduino Uno sebagai pusat kendali instrumen dan Software pemogramannya menggunakan aplikasi Arduino yaitu (Integrated Development Environment). Qibla Box merupakan karya Fajrullah yang merupakan mahasiswa UIN Walisongo. Alat ini praktis digunakan dan tidak memerlukan Matahari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji fungsionalitasnya alat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1). Bagaimana metode Qibla Box dalam penentuan arah kiblat? (2). Bagaimana tingkat akurasi arah kiblat yang dihasilkan oleh Qibla Box?
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif (descriptive research) dan studi komparatif. Penelitian ini juga tergolong dalam penelitian lapangan (Field Research) karena teknis penekanan analisisnya lebih menekankan pada data yang terkumpul di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Qibla Box merupakan instrumen berbasis mikrokontroler Arduino Uno yang bersifat open source.(2) Berdasarkan hasil pengujian Qibla Box dengan menggunakan dua alat pembanding, memiliki selisih tingkat akurasi Qibla Box dengan nilai selisih tertinggi yaitu 0º17’01,27” dan nilai selisih terendah yaitu 0º0’1” . Bahwa tingkat akurasi Qibla Box cukup akurat, namun belum bisa dijadikan sebagai sumber utama dalam penentuan arah kiblat terkecuali sebagai alat bantu darurat saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uji akurasi; Arduino Uno; Arah Kiblat; Qibla Box
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Aug 2023 10:14
Last Modified: 16 Aug 2023 10:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics