Tinjauan hukum Islam terhadap keluarga yang istri bekerja di luar negeri : studi kasus di Desa Karangmalang Wetan Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal

Idris, Muhamad Khabib (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap keluarga yang istri bekerja di luar negeri : studi kasus di Desa Karangmalang Wetan Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016121_Muhamad_Khabib_Idris] Text (Skripsi_1702016121_Muhamad_Khabib_Idris)
Skripsi_1702016121_Muhamad_Khabib_Idris.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena dimana istri menjadi sosok pencari nafkah utama sebagai TKW ke luar negeri di Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Dimana yang seharusnya bertanggung jawab sebagai pencari nafkah utama yaitu suami. Hal tersebut di karenakan suami dengan mata pencahariaanya kurang mampu untuk mencukupi semua kebutuhan tersebut seorang diri. Oleh sebab itu istri bekerja untuk membantu suami dalam mencari nafkah sebagai TKW ke luar negeri. Keadaan tersebut membuat kondisi rumah tangga kurang ideal. Karena suami dan istri harus berjauhan, pekerjaan didalam rumah tangga yang seharusnya dilaksanakan berdua, kini harus harus dilakukan hanya seoarang saja. Hal tersebut tentunya banyak penyesuaian yang harus dilakukan oleh masing-masing pasangan. Bagaimana tinjauan hukum Islam perspektif fiqh mubādalah terhadap keluarga yang istri bekerja keluar negeri.
Fenomena diatas munculkan pertanyaan penting untuk mengetahui 1). Bagaimana pemahaman konsep keluarga sakīnah pada istri yang bekerja di luar negeri. 2). Bagaimana praktik keluarga yang istri bekerja keluar negeri di Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal perspektif Fiqh Mubādalah. Sekaligus mengetahui tujuan penelitian 1). Mengetahui pemahaman konsep keluarga sakīnah yang istri bekerja di luar negeri di Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. 2). Mengetahui bagaimana praktik keluarga yang istri bekerja di luar negeri perspektif mubādalah di desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif empiris. Penulis menggunakan metode wawancara secara langsung kepada 5 pasangan keluarga. Wawancara langsung dilakukan untuk mendapatkan data dari suami di Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal dan melalui WhatsApp untuk mendapatkan data dari istri yang berada di luar negeri. Dari data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis.
Kesimpulan dari penelitian ini tentang pemahaman konsep keluarga yang ada di Desa Karangmalang Wetan yaitu bahwa sesungguhnya mereka mengetahui makna keluarga sakīnah dan mempunyai maksud dan tujuan yang sama, yaitu keluarga yang bisa menciptakan rasa tenang, tentram, rukun, bahagia, penuh cinta dan kasih sayang, dan mempunyai iman serta semangat dalam beragama. Selain itu mereka mempunyai konsep keluarga yang mereka dambakan, yaitu keluarga yang komplit atau utuh dalam satu atap rumah tangga, karena apabila mereka satu rumah, maka akan mudah bagi mereka untuk mewujudkan keluarga sakīnah sebagaimana yang mereka sebutkan. Sedangkan dalam praktik lima konsep keluarga sakinah mubādalah, hanya tiga keluarga yang menerapkan kelima indikator, karena sisanya masih kurang terbuka antara suami maupun istri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Wanita (TKW); Keluarga sakinah; Mubadalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Asri Aenun Nisa
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:13
Last Modified: 24 Aug 2023 08:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics