Pembelaan terpaksa (noodweer) dalam kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) dan hukum pidana Islam

Mubariz, Adib (2022) Pembelaan terpaksa (noodweer) dalam kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) dan hukum pidana Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802026063_Adib _ubariz] Text (Skripsi_1802026063_Adib _ubariz)
1802026063_Adib Mubariz_Full Skripsi - Adib Mubariz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Pembelaan terpaksa dapat dibenarkan selama terpenuhi syarat dan Batasan-batasannya, ia diatur dalam Pasal 49 Ayat (1) KUHP. Sedangkan dalam hukum pidana Islam dikenal dengan daf’u as-sā’il, artinya pembelaan hanya dapat dilakukan dalam kondisi tertentu, skripsi ini bertujuan untuk membandingkan konsep pembelaan terpaksa antara hukum positif dan hukum pidana Islam.
Adapun metode yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif dengan data kepustakaan, setelah data terkumpul di analisis dengan metode deduktif. Skripsi ini menemukan dua temuan, pertama, noodweer dapat dijadikan sebagai alasan pembenar, tetapi bukan alasan yang membenarkan, melainkan seseorang yang terpaksa melakukan tindak pidana dapat dimanfaatkan karena terjadi pelanggaran hukum yang mendahului perbuatan itu. Dalam hukum Islam dinamakan dengan daf’u as-sā’il yaitu upaya yang dilakukan seseorang dalam melindungi jiwa, kehormatan dan harta benda dari ancaman orang lain. pembelaan boleh dilakukan apabila memenuhi syarat yang ditentukan. Kedua, Persamaan konsep pembelaan terpaksa antara KUHP dan hukum pidana Islam terdapat pada hukum melakukan pembelaan dan syarat-syarat pembelaan. Sedangkan perbedaan antara KUHP dan hukum pidana Islam yaitu pada ruang lingkup pengertiannya, dalam hal pembelaan diri yang ditujukan untuk menghentikan serangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelaan terpaksa; noodweer; daf’u as-sā’il; KUHP; hukum pidana Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Aug 2023 00:59
Last Modified: 18 Aug 2023 00:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20620

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics