Hubungan keterampilan komunikasi dan kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis selama pembelajaran biologi

Qodariyah, Mila Zahra Lailatul (2023) Hubungan keterampilan komunikasi dan kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis selama pembelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1808086046_MILA_ZAHRA_L._Q] Text (SKRIPSI_1808086046_MILA_ZAHRA_L._Q)
1808086046_Mila Zahra L. Q_Full_Skripsi - Mila Zahra Lailatul Qodariyah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan komunikasi, kemandirian belajar, dan kemampuan berpikir kritis siswa sangat dibutuhkan dalam pembelajaran sebagai kemampuan penunjang abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan komunikasi dan kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran biologi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal 2022/2023. Populasi siswa kelas XII MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk keterampilan komunikasi dan kemandirian belajar dan tes untuk kemampuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment dan hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian: 1. Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis selama pembelajaran biologi positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,009 < 0,05, besar nilai korelasi 0,366 (korelasi rendah). 2. Hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran biologi positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, besar nilai korelasi 0,502 (korelasi cukup kuat). 3. Hubungan antara keterampilan komunikasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis selama pembelajaran biologi positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, besar nilai korelasi 0,505 (korelasi cukup kuat).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Kemandirian Belajar; Keterampilan Komunikasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:44
Last Modified: 18 Aug 2023 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20632

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics